[Word 2003] Ketika Copas Teks Original dan Final Tak Berbeda

[Word 2003] Ketika Copas Teks Original dan Final Tak Berbeda

Belakangan ini, ada satu keruwetan Track Changes yang tak kunjung dapat saya atasi. Untuk kebutuhan catatan koreksi/masukan penerjemah, saya harus copas teks sebelum disunting dengan view Original kemudian teks pascasunting dengan view Final.

Ternyata hasilnya sama saja, yang muncul teks hasil sunting. Saya coba Final Showing Mark-up dan Original Showing Mark-up, nihil. Cara yang dipakai terpaksa ribet, copas dari teks asli (yang tidak saya save as [nama file]_edited) dengan pembanding yang memenuhi layar seperti ini.

Rupanya ada jalan keluar, yang disarankan Kang Muhammad Imansyah. Langkahnya sbb:

View Original, soroti teks, Ctrl + C seperti biasa.

Buka file baru, klik Toolbar Edit->Paste Special

Muncul opsi seperti ini, pilih Unformatted Text-> Ok

Berhasil.

Ternyata masih banyak yang tidak saya ketahui tentang Word. Danke, Kang Iman:)

Ada lagi trik supaya file Track Changes tidak terlalu berat dan tampilannya lebih rapi, yaitu menggunakan fitur inline dan bukan Balloon.

Kesimpulan

Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikatlabel, dan amplop.

Track Changes adalah salah satu fitur Word yang sangat berguna bagi penyunting dan korektor. Langkahnya sederhana saja, di Word 2003, klik Tools-> Track Changes. Di Word 2007, klik Review-> Track Changes

 

Baca juga: