Usai Deklarasi, Laporan Harus Berkurang

Usai Deklarasi, Laporan Harus Berkurang

Usai Deklarasi, Laporan Harus Berkurang

Usai Deklarasi, Laporan Harus Berkurang

Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya berharap laporan tentang masalah pendidikan di Kota Bekasi harus berkurang usai Deklarasi Pendidikan Berintegritas, yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Teguh P Nugroho mengatakan,

lembaganya banyak mendapatkan laporan dari masyarakat terkait masalah pendidikan di Kota Bekasi. Diantaranya pungutan liar dana pendidikan dan penambahan jumlah rombongan belajar.

”Setiap tahunnya laporan ini tidak pernah menurun di Kota Bekasi, kami berharap setelah adanya deklarasi ini tidak ada lagi pungutan yang berdasar, tidak ada lagi yang mengatasnamakan sumbangan untuk mendapatkan uang,” kata Teguh usai mengikuti apel Deklarasi Pendidikan Berintegritas di Lapangan Alun-Alun Kota Bekasi, Rabu (28/8).

Deklarasi Pendidikan Berintegritas dibacakan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi. Ada enam poin deklarasi, yakni pembangunan budaya integritas dan anti korupsi, penguatan pengendalian dan pengawasan pendidikan, penolakan gratifikasi ilegal, pungutan liar dan pemerasan, pengelolaan dana pendidikan yang transparan dan akuntabel, revitalisasi dan inovasi pelayanan pendidikan, optimalisasi saluran pengaduan.

Usai membacakan deklarasi, Rahmat menyampaikan, deklarasi ini merupakan upaya pemerintah

untuk membuat sistem pendidikan yang berintegritas. Dengan dibangunnya sistem tersebut, maka disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sehingga tujuan dari deklarasi bisa berjalan dan tercapai dengan baik.

”Kegiatan ini adalah salah satu simbol bagi dunia pendidikan bahwa Kota Bekasi saat ini sudah menetapkan pendidikan anti korupsi pada sekolah tingkat dasar dan menengah pertama. Saya yakin Kota Bekasi mampu untuk melakukan hal-hal yang sudah di deklarasikan tadi (kemarin,red),” ujar Rahmat usai deklarasi.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, pendidikan berintegritas

merupakan pendidikan yang dapat mematuhi peraturan-peraturan dengan komitmen tinggi serta selalu menghindari kecurangan-kecurangan.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/