Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan

Tips Menghadapi Anak yang Susah Makan

Sebagai orang tua yang bijak, tentunya Anda bakal memutar benak untuk mencari solusi dari masalah ini. Yuk, simak bagaimana menghadapi anak yang susah santap dengan teknik berikut ini.

Tidak memaksa
Cobalah bersikap tenang dan tidak memaksa saat anak menampik menyantap makanan yang kita tawarkan. Bila Bunda terus memaksa, mereka bakal memandang acara santap sebagai urusan yang tidak menyenangkan. Coba tanyakan dalil kenapa ia tidak inginkan makan, setelah tersebut beri pilihan makanan beda yang unik minat si kecil.

Makan bersama
Makan bareng menjadi strategi lainnya dalam menghadapi anak yang sulit makan. Waktu makan ialah momen yang penting untuk keluarga guna mempererat ikatan antara orang tua dengan anak.

Di samping itu, saat makan bersama, anak terkadang meniru makanan yang kita makan. Jadi, tidak boleh lupa untuk santap buah dan sayur supaya mereka pun menginginkan makanan tersebut.

Batasi minum dan camilan
Telalu tidak sedikit minum dapat membuat perut cepat kenyang. Oleh karenanya, Anda mesti memberi batas minum si kecil ketika mendekati jam makan. Di samping minuman, camilan menjadi hal lain kenapa anak malas makan. Hal ini disebabkan kandungan gula dan msg pada camilan mengakibatkan perut cepat kenyang.

Hidangkan makanan dalam porsi kecil
Strategi selanjutnya yang dapat dicoba ketika menghadapi anak yang susah santap yaitu menghidangkan makanan dalam porsi kecil. Ya, anak mempunyai porsi yang bertolak belakang dengan orang dewasa. Sebaiknya sediakan makanan dengan porsi sedikit. Bila mereka suka, Anda dapat menambahnya.

Beri ramuan penambah nafsu makan
Kunyit ialah salah satu tanaman obat yang bagus guna anak, termasuk meningkatkan nafsu makan. Anda dapat memberikan ramuan kunyit guna buah hati supaya selera santap mereka bertambah. Lebih dari itu, kunyit menolong meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menangkal anak jatuh sakit.

Biarkan anak santap sendiri
Terkadang, anak langsung menampik jika diajak makan sesuatu. Sebaliknya, mereka ingin tertarik ketika ia memegang kendali. Sekali-kali sajikan makanan di meja yang dapat dicapai oleh anak supaya mereka dapat memilih makanan yang disukai. Selanjutnya, biarkan anak santap sendiri. Selain mengajar mereka guna bertanggung jawab atas makanan yang mereka ambil, urusan tersebut dapat melatih motorik mereka.

Sumber : http://www.sanlien.com.tw:82/gate/gb/www.pelajaran.co.id