Tahap-Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan

Tahap-Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan

Tahap-Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan

  • Tahap Awal Pertumbuhan

Pertumbuhan pada sebuah biji dimulai saat proses fisika, kimia dan biologi berlangsung pertama-tama biji melakukan imbibisi atau penyerapan air hingga ukuran biji semakin bertambah dan menjadi lunak. Saat air masuk ke dalam biji, enzim-enzim mulai aktif sehingga terjadi berbagai reaksi kimia. Kerja enzim ini yakni mengaktifkan metabolisme didalam biji dengan mensintesis cadangan makanan sebagai persediaan cadangan makanan pada saat perkecambahan berlangsung.


  • Tahap Perkecambahan

Tahap perkecambahan ialah munculnya plantula ( tanaman kecil ) dari dalam biji yang merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan embrio, pada saat biji mengalami perkecambahan, bagian plumula akan tumbuh dan berkembang menjadi batang sedangkan radikula akan tumbuh menjadi akar.


  • Tahap Pertumbuhan Primer

Fase perkecambahan diatas akan diikuti oleh pertumbuhan tiga system jaringan primer yang terletak diakar dan batang. Pada fase ini tumbuhan akan membentuk akar, batang dan daun.

Tiga system jaringan primer yang terbentuk tersebut antara lain yaitu :


  • Protoderm
    Merupakan lapisan terluar yang akan membentuk jaringan epidermis
  • Meristem Dasar
    Berkembang menjadi jaringan dasar yang mengisi lapisan korteks pada akar diantara style dan epidermis.
  • Prokambium
    Lapisan dalam yang akan berkembang menjadi silinder pusat yaitu xylem dan floem.

  • Pertumbuhan Primer Pada Akar

Akar yang keluar dari biji selanjutnya akan masuk ke dalam tanah dan membentuk system perakaran tanaman. Pada ujung akar yang masih muda terdapat empat daerah pertumbuhan yakni tudung akar ( kaliptra ), meristem, daerah pemanjangan sel dan daerah diferensiasi.


  • Pertumbuhan Primer Pada Batang

Pertumbuhan dan perkembangan primer pada batang meliputi daerah pertumbuhan ( titik tumbuh ) daerah pemanjangan dan daerah diferensiasi. Meristem apical pada batang dibentuk oleh sel-sel yang senantiasa membelah pada ujung tunas yang biasa disebut kuncup. Didalam kuncup, ruas batang dan tonjolan daun kecil ( primordia ) memiliki jarak sangat pendek karena jarak internodus ( antarruas ) sangat pendek, pertumbuhan, pembelahan dan pemanjangan sel terjadi didalam internodus.


  • Pertumbuhan Sekunder

Pada pertumbuhan sekunder terjadi setelah meristem primer membentuk jaringan permanen. Pertumbuhan sekunder ini hanya terjadi pada tumbuhan dikotil yaitu pembentukan cambium yang terbentuk dari kolenkim dan parenkim.


Sumber: https://lbppliacirebon.co.id/2020/04/star-wars-apk/