Sistem pembayaran elektronik

Sistem pembayaran elektronik

Sistem pembayaran elektronik

Sistem pembayaran elektronik

1. Sistem pembayaran tagihan elektronik  Tradisional.
Dalam system ini pembayar mengirimkan instruksi elektronik ke bank pembayar. Instruksi tersebut seara detail merinci siapa yang akan dibayar, kapan pembayaran harus dilakukan, dan berapa jumlah yang harus dibayar.
2. Sistem kartu kredit tradisional.
Dalam system ini pembayar mengirim nomor kartu kredit ke server yang aman. Secure server adalah server yang memproteksi jaringan komunikasi antar client dengan server dengan cara mengenkripsi informasi. Pihak yang dibayar akan mengkomunikasikan informasi kartu kredit tersebut ke bank untuk penagihan, melalui jaringan kartu kredit yang aman.
3. Sistem secure elektronik transaction (SET)
SET merupakan protocol yang dibuat Mastercard dan Visa sebagai sarana pembayaran elektronik bagi konsumen di internet. Sistem Mastercard/Visa bekerja bersama sama dengan web browser internet dan electronic wallet (dompet elektronik).
Sertifikat digital adalah satu kartu elektronik yang serupa dengan lisensi mengemudi, passport atau kartu keanggotaan yang berfungsi sebaga sarana untuk mengevaluasi keabsahan identitas.
Konsumen kemudian akan membuat pembelian SET dengan mengirim sertifikat digital dan enkripsi kartu kredit ke penjual. Selanjutnya penjual melanjutkan informasi ke bank terkait untuk mendapatkan otorisasi dengan pihak bank. Seluruh proses tersebut hanya dalam waktu sekitar satu atau dua detik. Proses tersebut sederhana karena SET terintegrasi di hamper semua web server. SET merupakan standar yang dapat digunakan di berbagai system pembayaran elektroniik.
KEAMANAN SISTEM ENKRIPSI KUNCI PUBLIK
Serangan Crypanalysis 
Crypanalysis mencakup berbagai teknik untuk menganalisis enkripsi pesan dengan tujuan memecahkan suatu kode enkripsi tanpa akses legal terhadap kunci public pembuat enkripsi. Cara termudah untuk memecahkan suatu pesan terenkripsi adalah dengan menebak isi pesan.