Server PPDB SD Bermasalah, Siswa Pulang

Server PPDB SD Bermasalah, Siswa Pulang

Server PPDB SD Bermasalah, Siswa Pulang

Server PPDB SD Bermasalah, Siswa Pulang

Hari pertama pendaftaran peserta didik baru (PPDB) jenjang SD

langsung diserbu wali murid. Meski pendaftaran dibuka pukul 07.30, wali murid dan calon peserta didik sudah datang lebih awal ke sekolah. Kebanyakan di antara mereka memang sengaja datang lebih pagi untuk segera mengambil nomor antrean.

Di SDN Bubutan IV Surabaya, misalnya. Beberapa wali murid mengambil nomor antrean pada pukul 06.00. Setelah itu, mereka mengumpulkan berkas pendaftaran yang dibutuhkan. Baru kemudian, mereka menuju tahap entrydata.

Sayangnya, proses entrydata pada hari pertama tidak berjalan mulus

. Kegiatan yang seharusnya dimulai pukul 07.30 itu mengalami gangguan karena server down. Para wali murid yang sudah menyelesaikan verifikasi berkas harus bersabar menanti kejelasan.

Kepala SDN Bubutan IV Ahmad Nurhalim mengatakan, pihak sekolah sebenarnya sudah melakukan persiapan dengan maksimal. Termasuk mengerahkan tujuh guru untuk melayani entrydata. Namun, karena server mengalami masalah, proses entrydata tidak bisa dilakukan.

Sambil menunggu entrydata, satu per satu anak dipanggil bersama orang tuanya

untuk diwawancarai pihak sekolah. Namun, karena sudah lewat dua jam entrydata tidak bisa dilaksanakan, pihak sekolah menginstruksi para orang tua untuk memulangkan anaknya lebih dahulu. ’’Yang anaknya sudah diwawancarai pulang dulu. Orang tuanya lanjut antre isi data,” katanya. Tepat pukul 09.50, proses entrydata baru bisa dimulai.

Hal serupa terjadi di SDN Margorejo I. Server baru bisa berjalan sekitar pukul 10.00. Orang tua murid yang mengantre sejak pagi akhirnya bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut. Guru-guru siap membantu meng-entrydata para calon peserta didik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan menjelaskan bahwa kendala tersebut sebenarnya bukan gangguan server down. Menurut dia, hal itu terjadi karena memang belum waktunya entry data. Sistem sedang melakukan persiapan.

 

Sumber :

http://www.myfolio.com/danuaji