Rumus luas dan keliling jajar genjang

Rumus luas dan keliling jajar genjang Рjajar genjang atau juga dikenal sebagai jajar genjang adalah bangunan datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang tulang rusuk yang memiliki panjang yang sama dan sejajar dengan pasangan dan masing-masing memiliki dua pasang sudut setiap ukuran sama dengan sudut sebelumnya.  setelah sebelumnya kita membahas tentang Deret Aritmatika

Rumus luas jajar genjang

Lihatlah jajaran genjang di atas. Untuk menghitung area jajar genjang, metode ini sama dengan menghitung area pada konstruksi persegi panjang (lihat rumus persegi panjang). Perbedaannya adalah dalam rentang jajaran genjang, panjangnya menjadi alas (a) dan lebarnya menjadi tinggi (t). Jadi rumus jajaran genjang yang luas adalah:

L = dasar x tinggi

Komentar:
L adalah area jajaran genjang
dasar adalah basis dasar
tingginya tinggi

Selain kesamaan dalam cara menghitung area dengan membuat persegi panjang, cara menghitung garis besar jajaran genjang hampir sama dengan menghitung garis besar dalam persegi panjang yang dirumuskan sebagai berikut:

Lihat foto di atas,

K = AB + BC + CD + AD

Komentar:
K adalah lingkar jajaran genjang
AB, BC, CD, AD adalah panjang setiap sisi

Karena panjang AB = CD dan panjang BC = AD, garis besar jajaran genjang dapat dirumuskan sebagai berikut.

K = 2 x (AB + BC)

atau kamu juga bisa

K = 2 x basis + 2 x sisi miring

Dari ketiga metode di atas, hasil yang akan ditemukan tentu akan sama, sehingga terserah Anda untuk menggunakan metode mana.

Mengapa prinsip dalam jajar genjang hampir sama dengan membangun persegi panjang dan penjelasan berikut.

Perhatikan baik-baik gambar di atas, setelah bagian kiri dari jajaran genjang telah dipotong dan kemudian digabungkan dengan bagian kanan, sebuah bangunan persegi panjang berbentuk persegi akan terbentuk, oleh karena itu prinsip penghitungan luas dan keliling dari dua bidang datar membangunkan sama.

Contoh Masalah Paralelogram dan Diskusi

1. Jajar genjang memiliki panjang dasar 20 cm dan tinggi 10 cm. Hitung seberapa lebar bentuk datar dari jajaran genjang?

menjawab:
dikenal a = 20 dan t = 10

kemudian:
Luas permukaan = dasar x tinggi
Luas permukaan = 20 x 10 = 200 cm 2

Jadi lebar jajaran genjang adalah 200 cm2

2. Jika diketahui bahwa jajar genjang memiliki luas 300 cm2 dan memiliki basis 30 cm, lalu hitung ketinggian jajaran genjang yang dibangunkan di atas?

menjawab:

Diketahui: L = 300 dan a = 30

kemudian:

L = dasar x tinggi
300 = 30 x t
t = 300/30
t = 10 cm

Jadi ukuran jajar genjang di atas adalah 10 cm.

Jadi diskusi tentang formula jajaran genjang yang luas dan berkeliaran dapat bermanfaat bagi kita semua yang salam sukses. ()