RUMUS FISIKA GERAK PARABOLA KELAS XI

RUMUS FISIKA GERAK PARABOLA KELAS XI

RUMUS FISIKA GERAK PARABOLA KELAS XI

RUMUS FISIKA GERAK PARABOLA KELAS XI

Pernahkah anda bermain sepak bola? Ketika ingin mengumpan kepada teman yang jauh disisi lapangan tentu anda melambungkan bola ke atas. Atau bagi anda penggemar game angry birds memeperkirakan sudut yang pas sebelum dilontarkan supaya megenai sasaran dengan tepat. Ternyata ketika diamati kedua peristiwa diatas memiliki kesamaan, yaitu litasan yang dibentuk adalah parabola. Pada kesempatan kali ini peulis akan membahas tetang analisis vektor gerak parabola. Namun sebelum belajar lebih jauh da mendalam tetang gerak parabola anda harus mengerti dan memahami persamaan gerak Lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) sebagai prasyarat. Sehingga untuk kedepanya saudara lebih mudah dalam memahami gerak parabola.

Gerak parabola adalah gerak pada lintasan parabola yang merupakan perpaduan antara gerak lurus beraturan (GLB) pada sumbu x dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada sumbu y, dengan kecepatan awal (v0) dan membentuk sudut tertentu (α). Pada gerak parabola diasumsikan dalam keadaan ideal yaitu pada ruang hampa, maka gesekan udara dapat diabaikan. Gerak parabola termasuk gerak dua dimensi dimana pada arah vertikal (sumbu y) dipengaruhi percepatan gravitasi bumi. (g). Sedangkan pada arah horizotal (sumbu x) tidak ada gaya yag mempegaruhi sehigga kecepatan disembarang tempat pada arah horizontal adalah sama. Atau degan kata lain percepatan pada arah horizontal adalah nol. Untuk lebih jelasnya silahkan amati gambar berikut :

Kordinat awal benda adalah

Kordinat awal benda adalah sesaat benda tersebut mulai terbang pada saat nol detik (t=0) yaitu (0,0)
Persamaan pada posisi titik (0,0).

Kecepata awal pada sumbu x :

Kecepata awal pada sumbu y :

Persamaan pada posisi sembarang titik B :

Sumbu x :

Sumbu y :

Besar kecepatan pada saat di titik B :

Arah kecepatan pada saat di titik B :

Menetukan tinggi maksimum benda ketika berada pada titik C :
Ketika berada pada titik C, kecepatan terhadap sumbu y (vy) = 0
Waktu untuk mencapai titik C (tC) dengan menggunakan rumus kecepatan gerak lurus berubah beraturan diperlambat sehigga diperoleh :

Karena waktu untuk mencapai titik C sudah diperoleh, sekarang kita bisa menentukan tinggi maksismum pada titik C (ymaks) dengan mensubstitusikan tc kedalam rumus perpidahan gerak lurus berubah beraturan diperlambat sehingga diperoleh :

Menetukan perpindahan terjauh yang dialami oleh beda pada titik D :
Ketika benda berada pada titik D, ketiggian benda tersebut (yterjauh)= 0
Waktu untuk mencapai titik D (tD) adalah dua kali (tc) sehingga dapat ditulis kedalam persamaan :

Karena waktu untuk mencapai titik D sudah diperoleh, sekarang kita bisa menentukan perpidahan terjauh beda pada titik D (xmaks) dengan mesubstitusikan tD kedalam rumus perpindahan gerak lurus beraturan :

Demikianlah artikel tentang rumus fisika gerak parabola kelas XI. Semoga dapat menambah ilmu dan pemahaman kita semua.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/