Resep Rujak Serut Mangga Muda Kuah Segar Plus Jambu & Bengkoang

Resep Rujak Serut Mangga Muda Kuah Segar Plus Jambu & Bengkoang

 

Dengan cara diserut membuat mangga muda ini kian segar disantap bersama bumbu rujak berkuah pedas yang meresap. Perpaduan pedas, asam dan manis sebagai ciri khas dari cita rasa rujak akan semakin lengkap bila ditambah dengan campuran aneka buah yang enak untuk dirujak lainnya.
Resep Rujak Serut Mangga Muda
Selain mangga mengkal atau mangga muda, macam-macam buah untuk dirujak seperti jambu air, kedondong, bengkoang, nanas bahkan pepaya mengkal hingga jeruk bali bisa menjadi kombinasi bahan-bahan yang kian memberikan variasi rasa.

Setelah buah dicampur dengan bumbu, rujak serut didiamkan dahulu agar bumbu rujak benar-benar menyerap. Biasanya didiamkan di dalam kulkas agar rujak serut menjadi segar dingin dan kian nikmat ketika disantap.

Bahan dan Bumbu Rujak Serut :

250 gram mangga muda
100 gram bengkoang
150 gram jambu air
100 ml air matang (air dingin biasa)

Bumbu Sambal Rujak :

7 buah cabe keriting merah
5 buah cabe rawit merah
40 gram gula merah
10 gram gula pasir
1 sdm asam jawa atau pakai cuka
½ sdt garam
¼ sdt terasi udang bakar

Cara Membuat Rujak Serut :
Setelah dikupas kulitnya, lalu manga muda dan bengkoang diserut, sedangkan jambu air cuci bersih dan langsung dipotong-potong sesuai selera. Boleh juga bila ingin menambahkan campuran aneka buah lainnya yang enak buat dirujak.
Cara Membuat Rujak Serut
Ulek bahan sambal hingga halus, campurkan bumbu sambal rujak tersebut dengan buah yang sudah diserut tadi, tuangkan juga air kemudian aduk rata.
Rujak Serut Pedas Kuah Enak dan Segar
Masukkan dalam wadah tertutup, selanjutnya simpan dalam kulkas dan biarkan rujak serut dingin serta benar-benar menyerap.

Rujak serut juga menjadi santapan favorit ibu hamil, baik disaat ngidam, maupun usia kandungan 4 bulanan hingga 7 bulanan sambil mengundang sahabat dan tetangga untuk acara kumpul ngerujak hingga do’a bersama.

Sumber: https://sewamobilbali.co.id/