Potensi Sumber Daya Alam Benua Australia, Amerika, dan Eropa

Potensi Sumber Daya Alam Benua Australia, Amerika, dan Eropa

Kekayaan sumber energi alam di benua Asia dan Afrika terkenal bersama hasil pertanian dan pertambangannya. Hampir di tiap-tiap negara pada ke-dua benua tersebut memiliki kekayaan alam yang sama. Sehingga, masing-masing negara sanggup laksanakan kerja mirip dibidang yang mirip atau saling melengkapi kebutuhan masing-masing negara.

Tetapi bukan hanya Benua Asia dan Afrika lho yang memiliki kekayaan sumber energi alam pertanian dan pertambangan, Benua Amerika dan Eropa termasuk memiliki kekayaan alam yang sama. Nah saat ini kami dapat bahas potensi sumber energi alam yang dimiliki oleh Benua Australia, Amerika, dan Eropa.

1. Benua Australia

Benua Australia merupakan negara benua bersama daratan yang terlampau luas. Benua Australia ini memiliki padang rumput yang terlampau luas lho. Suburnya padang rumput ini sangat mungkin untuk pengembangan pada bidang peternakan. Kemajuan peternakan Australia termasuk dapat dukungan oleh beberapa faktor, di antaranya:

Adanya padang rumput yang luas sebagai lahan penggembalaan.
Mempergunakan teknologi peternakan modern seperti penentuan bibit unggul, pemeliharaan ternak yang sehat, pengawetan daging, alat pemerah susu, dan alat pencukur bulu domba.
Hasil-hasil peternakan di Benua Australia banyak lho, tersedia wol, susu, dan termasuk daging. Selain peternakan, terdapat pula pertanian bersama hasil biji-bijian, buah-buahan, serta gula.

2. Benua Amerika

Wilayah Benua Amerika dilalui oleh jalan pegunungan muda Sirkum Pasifik. Bentuk wilayahnya yang memanjang dari Utara sampai Selatan, membawa dampak Benua Amerika mempunyai variasi iklim, tersedia iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin. Potensi alam dibidang Pertanian dan Pertambangan sudah diolah dan dilakukan memanfaatkan teknologi modern. Lalu, negara mana sajakah di Benua Amerika yang memiliki potensi SDA pertanian dan pertambangan?

– Pertanian

Hasil pertanian berbentuk padi terdapat di daerah Lousiana, California, Georgia, Carolina, dan Texas. Kemudian kapas terdapat di daerah Lousiana, Oklahoma, Texas, Arkansas, Nevada, Georgia, dan Alabama. Kopi dihasilkan dari daerah Argentina, Kolumbia, Elsavador, dan Guatemala. Sedangkan gula dihasilkan dari daerah Hawai, Masissipi, Lousiana, Karibia, dan Kuba.

– Pertambangan

Hasil-hasil pertambangan di Benua Amerika antara lain minyak bumi dan gas alam. Keduanya terdapat di Negara Meksiko dan Venezuela. Kemudian untuk batubara terdapat di daerah Pegunungan Appalachia, Chile. Selanjutnya untuk tembaga terdapat di Arizona, Peru, Bolivia, dan termasuk Meksiko. Sementara emas dan perak terdapat diperbatasan Missouri dan Meksiko.

3. Benua Eropa

Keadaan alam Benua Eropa terlampau kompleks. Hal ini membawa dampak potensi alamnya bervariasi. Potensi alam di Benua Eropa yang terlampau menonjol yaitu didalam bidang pertanian, pertambangan dan perikanan. Berikut potensi dan sebarannya.

– Pertanian

Pertanian di Eropa maju gara-gara lokasinya di daerah lembah sungai-sungai besar, andaikata lembah Sungai Rhone dan Seine di Perancis dan lembah Sungai Rheine di Jerman. Hasil pertaniannya adalah jagung, gandum, barley, terigu, kacang, dan tembakau.

– Pertambangan

Hasil pertambangan yang utama di Eropa adalah biji besi. Biji besi ini terdapat di Yunani, Perancis, Hungaria, dan Serbia Montenegro (Yugoslavia). Batubara terdapat di Cekoslovakia, Rusia, Inggris, Perancis, dan Jerman.

– Perikanan

Benua Eropa terdapat di kira-kira samudra Atlantik, Laut utara, dan Laut tengah. Lokasi yang demikian terlampau sangat mungkin bisnis di bidang perikanan. Daerah potensial perikanannya terdapat di Norwegia, Islandia, Rusia, Inggris dan Irlandia bersama style ikan utama yaitu ikan Haring.

Baca Juga :