PERDAGANGAN DI INTERNET

PERDAGANGAN DI INTERNET

PERDAGANGAN DI INTERNET

PERDAGANGAN DI INTERNET

Teknologi cLient-server
Internet dapat digunakan untuk mengirim hampir semua informasi dari dan kedua lokasi yang berbeda. Server adalah system robot yang menjalankan beberapa computer secara konstan dan mengelola informasi yang dibutuhkan pengguna. Program pengguna computer yang mengakses dan tukar menukar informasi dengan server disebut client. Banyak transaksi bisnis yang terjadi di internet mengambil pola lingkungan client-server ada beberapa alasan terkait yaitu:
1. Menjadi robot, server tidak perlu dibayar atas dasar jumlah jam kerja.
2. Server dapat, dalam beberapa kasus, menangani ratusan bahkan ribuan pengguna (klien) pada suatu waktu tertentu.
3. Server dapat diakses sepanjang waktu, dari tempat manapun di dunia ini, tanpa biaya komunikasi per menit.
Ada berbagai jenis internet seperti mail server, file server, web server dan server perdagangan.
Jenis-jenis Server
  1. Mail server merupakan kotak pos elektronik yang berfungsi menyimpan surat elektronik yang datang sampai program klien meminta surat tersebut. Jenis mail server yang paling sering digunakan di Internet adalah POP protocol, dank arena alasan inilah mail server sering juga disebut POP server. Alamat surat elektronik (e-mail) biasanya berupa: username@domain.name. Tiga digit terakhir dari nama domain merupakan informasi mengenai jenis organisasi perusahaan yang memiliki alamat e-mail tersebut.
  2. File server berperan memberi izin kepada klien yang sah untuk mengambil file dari pustaka file yang berada pada suatu computer. Protocol yang paling lazim digunakan untuk file server adalah FTP. File server yang menggunakan protocol ini disebut FTP server. Banyak program klien yang berisi protocol FTP didalam programnya sehingga pengguna kadang tidak menyadari bahwa mereka sedang menggunakan protocol tersebut.
  3. Web server adalah jenis server yang paling sering digunakan di internet. Web server merupakan satu server yang memungkinkan pengguna mengakses dokumen dan menjalankan program computer yang secara fisik berada di komputer lain. Web server merupakan engine yang menjalankan world wide web yang terdiri dari semua dokumen , file, dan perangkat lunak di internet yang tersedia melalui web server. Klien yang mengakses webserver disebut web browser.

 

Ada satu protocol yang menentukan format dokumen di world wide web, yang disebut HTML. Satu hal yang membuat HTML penting adalah HTML menyediakan sarana untuk membuat hyperlink didalam dokumen web. Hyperlink adalah penghubung ke dokumen lain yang mungkin berada dalam satu web server yang sama atau dokumen yang berada dalam web server lain di internet.
Lokasi dokumen web biasanya ditunjukkan sebagai kombinasi antara nama domain yang terkait dengan server dan nama file dokumen tersebut. Sebagai contoh nama index.html dalam suatu nama domain www.bodhop.ais.com diempatkan di http://www.bodhop.ais.com/index.html. Nama lokasi dokumen web seperti ini disebut URL (Uniform Resource Locator).
Commerce server merupakan suatu jenis web server yang memiliki berbagai karakteristik perdagangan.
1. Mendukung protocol Secure Electronic Transaction (SET). Protocol ini mencakup semua komunikasi antar klien dan server, sehingga menjamin bahwa semua transaksi yang terjadi adalah rahasia dan terbebas dari manipulasi oleh pihak lain yang tidak berwenang.
2. Mendukung berbagai jenis pengesahan transaksi antara lain klien dan server, missal sertifikat digital. Pengesahan transaksi ini penting untuk memastikan keabsahan identitas setiap pihak yang terlibat dalam transaksi.
3. Mendukung komunikasi dengan program eksternal sehingga memungkinkan klien tukar menukar informasi dengan program akuntansi dan database yang tersimpan di komputer server.
4. Mendukung keamanan seperti akses keamanan yang bertingkat dan log transaksi yang detail.
5. Variasi kartu kredit online dan verifikasi bank.