Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Beserta Pengertiannya Lengkap

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan – Pertumbuhan adalah proses yang meningkatkan ukuran, volume, atau massa tubuh makhluk hidup dengan sifat kuantitatif (dapat diukur dan dihitung menggunakan angka). Pertumbuhan ini tercermin dalam penampilan fisik makhluk-makhluk ini. Misalnya, untuk menjadi lebih besar. Pertumbuhan terbatas pada usia, yang berarti makhluk hidup akan berhenti tumbuh setelah usia tertentu.

Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang memiliki karakteristik kualitatif (tidak bisa ditulis dengan angka). Perkembangan ini tidak terbatas pada usia, yang berarti makhluk hidup akan berevolusi seiring bertambahnya usia. Misalnya, proses perkembangan manusia sejak lahir, yang tidak bisa melakukan apa-apa sampai akhirnya dia bisa bicara, berjalan dan berpikir.

Penjelasan singkat di atas menunjukkan bahwa ada perbedaan mendasar antara pertumbuhan dan pembangunan. Perbedaan dan tren instalasi biasanya dapat diidentifikasi dengan cara pengukurannya, visibilitas dan keterbatasannya, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jika Anda tidak memahaminya dengan jelas, silakan baca penjelasan lengkap di bawah ini!

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

1. Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah proses meningkatkan jumlah sel dalam tubuh suatu organisme, disertai dengan akumulasi seperti ukuran, berat dan ukuran, yang memiliki sifat ireversibel (tidak dapat kembali ke garis dasar). Pertumbuhan memiliki karakter yang lebih kuantitatif di mana organisme yang sebelumnya kecil menjadi lebih besar dari waktu ke waktu.

contoh:

  • Batang pada tanaman yang sebelumnya tingginya 3 cm hingga 6 cm.
  • Bayi dengan berat 4 kg diubah menjadi 7 kg.

Jika Anda ingin mengukur pertumbuhan tanaman, ada alat yang dapat mengukur pertumbuhan, alat bantu auksanometer.

2. Perkembangan

Perkembangan adalah proses diferensiasi, organogenesis dan pembentukan individu baru yang lebih lengkap atau matang. Perkembangan tersebut memiliki ciri-ciri kualitatif di mana sistem organisme dalam sistem reproduksi (dewasa) belum matang dan kemudian berubah menjadi lebih dewasa dan matang dalam sistem reproduksi sehingga dapat melakukan proses reproduksi.

contoh:

  • Pematangan pada sel ovum dan sperma.
  • Pematangan hormon dalam tubuh.
  • Jatuh di pohon yang dapat menghasilkan buahnya.

Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan

Perbedaan Pertumbuhan Perkembangan
Cara Mengukur Bersifat kuantitatif karena bisa digambarkan dalam bentuk bilangan Bersifat kualitatif karena tidak bisa digambarkan dalam bentuk bilangan
Keterlihatan Bisa dilihat secara fisik Tidak bisa dilihat secara fisik, melainkan dengan cara fisiologis
Keterbatasan Proses ada batasan usia Proses tidak terbatas oleh usia
Keterulangan Bersifat irreversible atau tidak bisa terulang lagi Bersifat reversible atau bisa terulang kembali
Faktor yang Mempengaruhi Dipengaruhi pembelahan sel Dipengaruhi pengalaman
Proses Berlangsung secara cepat dalam awal usia sampai dengan menjelang remaja Berlangsung pada setiap fase kehidupannya
Contoh Tinggi dan berat badan naik. Berubah dalam pola pikir dan tertarik terhadap sesuatu yang dilihatnya.

Demikian ulasan mengenai Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Beserta Pengertiannya Lengkap, semoga penjelasan singkat diatas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Sumber diambil dari : https://ilmubelajar.com/

Baca Juga :