Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Suatu sistem sanggup didefinisikan sebagai kumpulan sumber daya yang berhubungan untuk mencapai tujuan spesifik (Bodnar dan Hopwood, 2000: 1). Dalam pengertian lain, sistem menurut Romney (2003: 2), dikemukakan bahwa:

“a system is asset of two or more interrelated components that interact to achieve a goal “

Definisi sistem menurut Mulyadi (2001), sistem terhadap dasarnya adalah sekelompok unsur yang erat dan berhubungan satu bersama yang lainnya, yang bermanfaat berbarengan untuk mencapai tujuan tertentu. Kemudian Mulyadi (2001) ulang merinci lebih lanjut pengertian umum berkenaan sistem selanjutnya yang terbagi dalam empat hal, pada lain:

Setiap sistem terdiri dari unsur-unsur; unsur-unsur suatu sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil, yang terdiri pula dari grup unsur yang membentuk subsistem tersebut.
Unsur-unsur selanjutnya merupakan anggota terpadu dari sistem yang bersangkutan. Unsur-unsur sistem berhubungan erat satu bersama lainnya dan pembawaan serta kerja sama pada unsur sistem selanjutnya miliki wujud tertentu.
Unsur sistem selanjutnya bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem; Setiap sistem miliki tujuan spesifik dimana untuk mewujudkan tujuan selanjutnya dibutuhkan suatu sistem spesifik dan kerja sama pada satu bersama yang lainnya.
Suatu sistem merupakan anggota dari sistem yang lain yang lebih besar.
Pengertian sistem menurut Winarno (2006) adalah sekumpulan komponen yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu, hampir sama bersama pengertian sistem menurut Romney (2003). Masing-masing komponen selanjutnya miliki manfaat yang berbeda-beda, pada lain:
Input bermanfaat untuk menerima masukan dari luar sistem.
Proses bermanfaat untuk membuat perubahan input jadi output.
Output bermanfaat untuk mengirimkan hasil olahan kepada pihak di luar sistem.
Kontrol bermanfaat untuk mengendalikan komponen lain sehingga bermanfaat seperti yang diharapkan.
Batas sistem bermanfaat untuk memisahkan sistem bersama lingkungannya atau bersama sistem lainnya.
Sistem termasuk miliki tujuan lain yang hendak dicapai.
Menurut Leitch dan Davis sistem didefinisikan sebagai suatu kumpulan dari elemen-elemen (orang, perangkat keras, informasi dan lain-lain) diorganisasikan untuk mencapai tujuan spesifik (Jogiyanto, 2001). Selanjutnya terhadap referensi yang sama diungkapkan pula beberapa karakteristik dalam suatu sistem adalah sebagai berikut:
Komponen-komponen sistem.
Mempunyai batasan sistem.
Mempunyai lingkungan luar sistem.
Adanya penghubung sistem.
Adanya masukan (input) sistem.
Adanya keluaran (output) sistem.
Pengolahan sistem (process), dan sasaran sistem lain.

Dari sejumlah pengertian sistem menurut para ahli tersebut, sanggup disimpulkan bahwa sistem merupakan serangkaian unsur-unsur yang saling perihal dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam sistem itu sendiri terdapat subsistem yang menjalankan peran lebih spesifik ketimbang peran sistemnya, untuk bekerjasama mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu.

Sumber : https://tokoh.co.id/

Baca Juga :