Pengertian Kepala Sekolah Menurut Para Ahli

Pengertian Kepala Sekolah Menurut Para Ahli

Kepala Sekolah berasal dari dua kata yaitu “Kepala” dan “Sekolah”. Kata kepala mampu diartikan sebagai ketua atau pemimpin dalam suatu organisasi atau lembaga. Sedangkan kata sekolah diartikan sebagai suatu lembaga di mana jadi area terima dan berikan pelajaran. Secara singkat Kepala Sekolah mampu diartikan pemimpin sekolah atau suatu lembaga di mana area terima dan berikan pelajaran.

Wahjosumidjo (2005: 83) mendefinisikan Kepala Sekolah sebagai seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana diadakan sistem studi mengajar, atau area di mana berjalan jalinan pada guru yang berikan pelajaran dan murid sebagai penerima pelajaran.

Dari definisi tersebut di atas, secara simple pengertian Kepala Sekolah adalah Seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana diadakan sistem studi mengajar atau area di mana berjalan jalinan pada guru yang berikan pelajaran dan murid yang terima pelajaran. Dengan ini Kepala Sekolah mampu disebut sebagai pemimpin di satuan pendidikan yang tugasnya menjalankan menajemen satuan pendidikan yang dipimpinnya. Baca terhitung kegunaan dan tugas kepala sekolah.

Di tingkat operasional, Kepala Sekolah adalah orang yang berposisi di garis terdepan yang mengkoordinasikan usaha tingkatkan pembelajaran bermutu. Kepala Sekolah diangkat untuk mendiami jabatan bertanggung jawab mengkoordinasikan usaha bersama meraih tujuan pendidikan di tingkatan sekolah yang dipimpin. Tentu saja Kepala Sekolah bukan hanya satu yang bertanggung jawab penuh pada suatu sekolah, karena masih banyak faktor lain yang perlu diperhitungkan. Selain kepala sekolah, ada guru yang dipandang sebagai faktor kunci yang berhadapan segera bersama para peserta didik dan faktor lain layaknya lingkungan yang merubah sistem pembelajaran. Namun Kepala Sekolah memiliki peran yang berpengaruh pada jalannya sistem yang ada di sekolah.

Menurut Mulyasa (2007: 24), pengertian kepala sekolah adalah tidak benar satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam tingkatkan mutu pendidikan. Kepala Sekolah adalah penanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga pendidikan lainnya, pendayagunaan serta pemeliharaan layanan dan prasarana terhitung sebagai supervisor pada sekolah yang dipimpinnya. Jika dilihat dari syarat guru untuk jadi Kepala Sekolah, Kepala Sekolah mampu dikatakan sebagai jenjang karier dari jabatan fungsional guru. Apabila seorang guru memiliki kompetensi sebagai Kepala Sekolah dan telah memenuhi persyaratan atau tes spesifik maka guru tersebut mampu meraih jabatan Kepala Sekolah.

Agar sekolah mampu meraih tujuannya secara efisien dan efisien, maka kepala sekolah perlu jalankan fungsi-fungsi manajerial layaknya perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pertolongan motivasi, pelaksanaan, pengorganisasian pengendalian, evaluasi dan inovasi. Kepala Sekolah yang baik diharapkan akan membentuk pelaksanaan pembelajaran yang baik pula. Jika pembelajaran di sekolah baik pastinya akan menghasilkan prestasi yang baik pula baik siswanya maupun gurunya.

Dalam Mulyasa (2007: 25) kepala Sekolah bertanggungjawab atas manajemen pendidikan secara mikro, yang secara segera mengenai bersama sistem pembelajaran. Pada dasarnya pengelolaan sekolah jadi tanggung jawab Kepala Sekolah dan guru. Namun demikianlah dalam meraih keberhasilan pengelolaan sekolah peran serta dari para orang tua dan siswa, terhitung ikut menunjang keberhasilan itu. Di samping itu pencapaian keberhasilan, pengelolaan tersebut perlu di dukung oleh sikap pola dan kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin lembaga pendidikan yang jadi tanggung jawabnya.

Kepemimpinan Kepala Sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana yang memungkinkan bagi lahirnya iklim kerja dan jalinan antar manusia yang serasi dan kondusif. Hal ini bermakna bahwa seluruh komponen pendidikan di sekolah perlu dikembangkan secara terpadu dalam rangka tingkatkan relevansi atau kesesuaian bersama mutu pendidikan.

Dari pendapat sejumlah pakar di atas mampu diartikan pengertian Kepala Sekolah adalah guru yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah. Meskipun guru yang mendapat tugas tambahan Kepala Sekolah merupakan orang yang paling betanggung jawab pada aplikasi prinsip-prinsip administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah.
Sebagai orang yang meraih tugas tambahan bermakna tugas pokok Kepala Sekolah tersebut adalah guru yaitu sebagai tenaga pengajar dan pendidik, maksudnya dalam suatu sekolah seorang Kepala Sekolah perlu membawa tugas sebagai seorang guru yang jalankan atau beri tambahan pelajaran atau mengajar bidang studi spesifik atau beri tambahan bimbingan. Berarti dalam perihal ini, Kepala Sekolah memiliki dua kegunaan yaitu sebagai tenaga kependidikan dan tenaga pendidik.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga :