Pengertian dan Ciri Ciri Laring

Pengertian Laring

Laring atau juga dikenal sebagai kotak suara (voice box) adalah organ di leher yang melindungi batang tenggorokan dan merupakan organ yang terlibat dalam proses produksi suara. Laring adalah salah satu organ dalam sistem pernapasan manusia.

Fungsi laring dalam sistem pernapasan adalah untuk melindungi organ sesudahnya dan untuk mengontrol masuknya udara ke dalam batang tenggorokan. Karena trakea menempel pada kerongkongan (organ pencernaan), dapat dikatakan bahwa laring juga berperan dalam menjaga keamanan sistem pencernaan.

STRUKTUR SAHAM DAN BAGIAN LARING

1. Jaringan epitel
Ada berbagai jaringan epitel yang membentuk laring, tetapi sebagian besar terdiri dari epitel cilisedric. Epitel lain adalah epitel datar yang membentuk epiglotis.

2. Jaringan ikat
Jenis jaring penghubung di laring adalah:
Sebuah. Lamina Propia
Ini adalah bagian dari membran dasar di lapisan epitel yang berfungsi untuk menghubungkan lapisan epidermis dengan jaringan lain. Di dalam lamina propria adalah tulang rawan laring yang akan mengapur saat Anda bertambah tua.

b. ligamen
Ligamen adalah kelompok jaringan ikat padat yang menghubungkan otot dengan tulang. File ligamen membentuk pita suara yang menghasilkan suara yang terdengar.

2. Tulang rawan
Tulang rawan yang membentuk laring umumnya tulang rawan hialin. Tulang rawan berfungsi sebagai pendukung struktural dan fungsional untuk laring. Ada berbagai kompiler tulang rawan laring, yaitu
Tulang rawan besar yang tidak berpasangan:

krikoid
tiroid
katup suara

Tulang rawan kecil berpasangan

arytenoids
corniculata
berbentuk baji

3. Jaringan otot
Otot-otot yang merupakan bagian dari laring adalah otot rangka (otot lurik), otot yang dapat digerakkan sesuai dengan keinginan kita. Bersama dengan ligamen, otot-otot ini adalah komponen dari pita suara. Getaran untuk menghasilkan suara adalah hasil dari gesekan pita suara dengan otot dan ligamen dengan udara yang masuk.

4. Jakun
Jakun adalah kelenjar tiroid yang menjulur dari leher pria. Bahkan, wanita juga memiliki tonjolan, tetapi tidak sebesar itu. Jakun terletak di tulang rawan tulang rawan yang merupakan tempat pertemuan untuk 2 tulang rawan hialin.

5. Epiglotis
Epiglottis adalah sistem tulang rawan yang terletak di belakang lidah dan di depan laring. Epiglottis biasanya memiliki konformasi ke atas, sehingga udara dapat menembus saluran udara berikut. Ketika asupan makanan terjadi, epiglotis akan menghadap ke bawah untuk menutup saluran udara dan membawa makanan ke kerongkongan.

Sumber : https://materibelajar.co.id/