Pengertian Benzena Dan Senyawa Lainya

Pengertian Benzena

Benzena, juga dikenal sebagai rumus kimia C6H6, PhH dan benzol, adalah bahan kimia organik yang tidak berwarna dan mudah terbakar dan memiliki bau manis. Benzena terdiri dari 6 atom karbon membentuk cincin, dengan 1 atom hidrogen terikat pada setiap 1 atom karbon. Benzena adalah jenis hidrokarbon aromatik siklik dengan ikatan pi tetap. Benzena adalah komponen minyak bumi dan merupakan salah satu bahan petrokimia yang paling mendasar dan pelarut penting di dunia industri. Karena memiliki angka oktan yang tinggi, benzena juga merupakan salah satu campuran bensin penting. Benzena juga merupakan bahan utama dalam produksi obat-obatan, plastik, bensin, karet buatan dan pewarna. Selain itu, benzena adalah bahan alami dari minyak bumi, tetapi biasanya diperoleh dari senyawa lain yang ditemukan dalam minyak bumi. Karena bersifat karsinogenik, penggunaannya di samping bidang non-industri sangat terbatas.

sejarah

Benzene ditemukan pada tahun 1825 oleh seorang ilmuwan Inggris, Michael Faraday, yang mengisolasi dari diesel dan menyebutnya hidrogen bikarbonat. Pada tahun 1833, kimiawan Jerman Eilhard Mitscherlich menghasilkan benzena melalui distilasi asam benzoat (dari benzoin karet / benzoin karet) dan kapur. Mitscherlich memberikannya nama benzin. Pada tahun 1845, ahli kimia Inggris Charles Mansfield, yang bekerja di bawah bulan Agustus Wilhelm von Hofmann, mengisolasi benzena dari tar batubara. Empat tahun kemudian, Mansfield memulai produksi benzena berskala besar pertama menggunakan metode tir.

Senyawa berasal

Banyak senyawa kimia penting yang berasal dari benzena. Senyawa-senyawa ini dibuat dengan mengganti satu atau lebih atom hidrogen dalam benzena dengan gugus fungsi lain. Contoh turunan benzena sederhana adalah fenol, toluena, anilin, biasanya disingkat dengan PhOH, PhMe dan PhNH2. 2 cincin benzena akan membentuk biphenyl, C6H5 – C6H5.

Dalam kimia heterosiklik, atom karbon dalam cincin benzen digantikan oleh unsur-unsur lain. Salah satu turunan yang paling penting adalah cincin yang mengandung nitrogen. Substitusi CH dengan N akan membentuk senyawa pyridine pyridine, C5H5N. Meskipun benzena dan piridina secara struktural terkait, benzena tidak dapat diubah menjadi piridina. Substitusi ikatan CH kedua dengan N akan membentuk piridina, pirimidin atau pirazin tergantung pada posisi atom N sebagai ganti CH.

Sumber : https://rumus.co.id/