Pengertian Bahasa Pemrograman serta Jenis dan sejarahnya

Bahasa komputer adalah seperangkat pemrograman yang digunakan untuk membuat program komputer. Bahasa komputer umumnya dikenal sebagai bahasa pemrograman. Program atau perangkat lunak komputer itu sendiri adalah seperangkat instruksi yang harus dijalankan oleh komputer ketika komputer dihidupkan atau ketika dipesan oleh pengguna komputer. Bahasa pemrograman menggunakan kata-kata unik yang diberi kode untuk menjalankan perintah tertentu di komputer. Contoh bahasa pemrograman termasuk Pascal, Fortran, Clipper, dBase, Delphi, Basic, Cobol, C ++, C #, Java dan lainnya.

Memahami Bahasa Pemrograman

CPU komputer, dalam hal ini prosesor memiliki sejumlah perintah dan dikenal sebagai nama kode mesin. Kode ini adalah bahasa yang digunakan untuk mengkomunikasikan data di komputer. CPU di komputer hanya tahu bahasa ini, bukan bahasa lain. Semua bahasa pemrograman harus dikonversi menjadi kode mesin sehingga CPU dapat memproses dan menjalankan perintah yang diberikan oleh program yang dibuat.

Jenis bahasa komputer

Bahasa komputer dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar berdasarkan jenisnya, yaitu bahasa mesin (bahasa mesin), bahasa assembly dan bahasa tingkat tinggi. Mari kita bahas satu per satu sebagai berikut:

  1. Bahasa mesin adalah seperangkat perintah yang diekspresikan dalam bentuk angka biner (hanya angka 0 dan 1) yang berfungsi untuk memberikan data dan instruksi tentang cara memproses data ke CPU.
  2. Bahasa Majelis adalah bahasa komputer tingkat rendah yang memiliki banyak kode yang membantu memori untuk “mengingat” data (informasi). Bahasa assembly juga mengandung set simbolis yang berhubungan dengan perintah tertentu dalam bahasa mesin.
  3. Bahasa tingkat tinggi disebut bahasa komputer tingkat tinggi karena mengandung perintah yang dirancang untuk mendekati bahasa manusia. Bahasa ini lebih mudah dipahami dan dipelajari oleh manusia dan digunakan untuk membuat program komputer tertentu. Kami telah menyebutkan berbagai bahasa pemrograman di atas.

Banyak programmer atau programmer saat ini menggunakan bahasa komputer tingkat tinggi untuk membuat program yang mereka inginkan karena mereka sangat mudah dimengerti. Tetapi sebelum dapat berjalan di komputer, program harus diterjemahkan ke dalam bahasa mesin terlebih dahulu.

Oleh karena itu pada perangkat pemrograman dengan bahasa tingkat tinggi ada bagian yang disebut kompiler. Tugas bagian ini adalah menerjemahkan perintah dalam bahasa tingkat tinggi ke dalam bahasa mesin, sehingga CPU dapat memproses data berdasarkan perintah.

bahasa komputer

konsep dan pemikiran pemrograman dasar yang dapat diterapkan pada bahasa apa pun:

  • Dua bahasa paling populer dalam kategori ini adalah Python dan Ruby. Keduanya adalah bahasa aplikasi web berorientasi objek yang menggunakan sintaksis yang mudah dibaca.
  • Bahasa pemrograman berorientasi objek berarti bahwa bahasa tersebut dibangun di atas konsep “objek”, atau pengumpulan data, dan manipulasi. Konsep ini digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman tingkat lanjut, seperti C ++, Java, Objective-C, dan PHP.

Sejarah Singkat Bahasa Komputer

Perkembangan bahasa komputer tentu tidak lepas dari perkembangan komputer itu sendiri. Bahasa komputer mulai dikembangkan pada saat ditemukannya komputer digital pertama, sekitar tahun 1940-an. Bahasa komputer yang termasuk dalam bahasa majelis dikembangkan pada 1950-an karena komputer mulai menembus ranah komersial.

Contoh bahasa yang termasuk dalam kelas majelis ini adalah ForTran (Terjemahan Formula) yang dibuat oleh John Backus pada 1950-an dan 1960-an. Kemudian bahasa komputer dengan banyak perbaikan mulai dikembangkan seperti COBOL (Common Business Oriented Language) oleh Grace Hopper, LISP (List Proccesing) oleh John McCarthy.

Pada akhir tahun 1960-an bahasa komputer yang bernama SIMULA muncul dan setelah itu perkembangan bahasa komputer berkembang pesat. Pada 1970-an banyak bahasa pemrograman terkenal muncul, yaitu ALOGOL, BASIC, PASCAL, C dan ADA.

Perkembangan bahasa komputer berkembang pesat seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa yang dikembangkan adalah BASIC, JAVA, C ++ dan PASCAL. Pada awal 1990-an, istilah IDE (Lingkungan Pengembangan Terpadu) diperkenalkan yang menggabungkan bahasa pemrograman dan GUI sehingga program menjadi lebih mudah. Beberapa IDE yang terkenal adalah Visual Basic (bahasa BASIC), Borland Delphi (bahasa PASCAL) dan Eclipse (Bahasa Jawa).

Sumber : Https://www.videomax.co