Mengajarkan Etika Kepada Anak Ketika Bertamu,

Mengajarkan Etika Kepada Anak Ketika Bertamu,

Sebelum mengajarkan etika untuk anak saat bertamu, berikan sejumlah penjelasan singkat mengenai tujuan dan guna bertamu dengan bahasa yang gampang dimengerti. Berikan keterangan bahwa dengan bertamu anak bakal memperoleh tidak sedikit teman. Anda mesti pun menceritakan terlebih dahulu siapa orang yang dikunjungi untuk anak. Berikan juga cerminan tentang di mana rumahnya, bagaimana suasana di sekitar, dan siapa saja yang bakal ditemui.

Buat perjanjian dengan anak

Sebelum berangkat bertamu, ucapkan apa yang kita harapkan. Beritahu pun situasi di lokasi tujuan, apa yang bakal Anda lakukan, dan apa yang boleh atau jangan dia lakukan. Katakan bahwa Anda bercita-cita anak bisa bersikap baik, tidak berlari-lari, atau bermain di ruang tamu. Di samping itu, kita perlu menciptakan perjanjian dengan anak berhubungan berapa lama sedang di sana, dan usahakan guna menepati janji.

Ajarkan adab bertamu

Mengajarkan etika untuk anak saat bertamu dapat dibuka dari adab-adab dasar terlebih dahulu. Pertama, ajarkan mengetuk pintu dan mengurangi bel atau menyampaikan salam dan permisi.Setelah pintu dibuka, berikan misal untuk menyapa terlebih dahulu. Apabila tuan lokasi tinggal mempersilakan masuk dan duduk, ajak anak duduk di lokasi yang disediakan.

Beritahukan untuk anak guna tidak berlari-lari atau memungut barang tanpa izin. Ajari anak untuk mohon izin untuk memungut makanan atau minuman, berikan pengertian andai di lokasi tinggal orang beda tidak sama dengan lokasi tinggal sendiri.

Jika mendapat jamuan makan, ingatkan anak supaya menggunakan peralatan santap dengan benar. Kebiasaan santap yang baik, laksana tidak berkata ketika mengunyah dan memungut makanan secukupnya telah harus kita biasakan semenjak dini supaya tidak repot saat membawa mereka bertamu.Sebelum kembali ajarkan anak guna berpamitan dengan sopan.

Mengatasi anak rewel saat bertamu

Mengajarkan etika untuk anak dapat dilaksanakan ketika umur 1-1,5 tahun. Berikan pengajaran sopan mulai dari hal-hal kecil, seperti menyampaikan terima kasih. Pada umur 1-3 tahun Anda bisa mengajarkan memberi salam, meminta izin, dan menyampaikan tolong. Setelah itu, anak akan merealisasikan sopan santun dan mengetahui tata krama andai Anda tidak jarang mengajarinya dan memberi contoh.

Meski kita sudah berjuang mengantisipasi, anak rewel saat bertamu kadang mustahil dihindarkan. Perilaku anak tidak bisa diprediksi, terdapat saja ulahnya yang dapat membuat kita malu atau tidak nyaman saat mulai bosan. Misalnya berkeliling ruangan tanpa permisi, memungut barang yang menarik, atauikutnimbrungobrolandengantuan rumah.

Walaupun agak mengkhawatirkan, Anda bisa mengatasinya. Biasanya anak di bawah 3 tahun masih belum peka dan mempunyai keingintahuan serta hendak diperhatikan.

Saat anak terlihat jenuh atau mulai rewel, kerjakan negosiasi dan beritahukan bahwa waktu trafik tidak lama. Jika anak sudah memahami waktu, tunjukkan dengan jam. Ingat bahwa Anda mesti menepati perjanjian yang telah ditetapkan.

Untuk acara formal, tidak boleh sampai anak berkeliaran sendiri di ruangan. Anda mesti sigap memindahkan perhatian anak. Jika anak terlihat tidak dapat diam, Anda bisa membawanya keluar.Anda pun dapat memindahkan perhatian dengan mainan kesukaannya supaya dapat duduk tenang.

Mengajarkan etika untuk anak saat bertamu sampai mereka terbiasa memang tidak gampang dan membutuhkan latihan. Maka, saat Anda mendapati anak berkelakuan baik saat disuruh bertamu, berikan apresiasi kepadanya.

sumber : http://aidb.ru/?aion=highway&a=https://www.pelajaran.co.id/