Mangga – Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Mangga

Manfaat buah mangga

1. Jaga kesehatan rambut dan kulit Anda

Dalam penelitian pada hewan, kekurangan vitamin A merupakan faktor risiko kerontokan rambut. Ini karena Vitamin A merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan epitel kulit dan rambut agar sehat dan terhidrasi.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan sekitar 75% dari asupan vitamin C harian Anda dari makanan.

Kolagen membutuhkan kombinasi vitamin A dan C. Kolagen adalah protein khusus yang memberikan dan menjaga elastisitas kulit untuk mencegah kerutan dini.

2. Tekanan rendah

Asupan gula manis seringkali menjadi penyebab gula darah tinggi. Namun, setelah peneliti di Oklahoma State University menganalisis efek mangga pada orang yang kelebihan berat badan, kadar gula darah mereka turun tajam dibandingkan sebelum penelitian.

Peserta diminta makan 10 gram mangga kering setiap hari dan jumlah gula pasir setengah dari mangga segar.

Diyakini bahwa menurunkan kadar gula darah karena adanya pupuk aktif dan antioksidan spesifik dalam buah tersebut.

3. Menjaga kesehatan mata

Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan paling melimpah yang ditemukan di mangga. Membantu pekerjaan retina dan lensa mata.

Fungsi retina dan lensa mata yang tepat dapat meningkatkan sensitivitas penglihatan, mengurangi efek kecerahan ketidaknyamanan, dan jumlah waktu yang dibutuhkan mata dari cahaya terang.

Lutein dan zeaxanthin juga bekerja untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet dan mencegah perkembangan katarak dan risiko degenerasi makula.

4. Pencegahan kanker

Sebuah studi oleh AgriLife Research Group yang berbasis di Texas menemukan bahwa ekstrak polifenol mangga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di usus besar, payudara, paru-paru, leukemia dan jaringan prostat. Produk ini terbukti paling efektif mencegah risiko kanker payudara dan usus.

Ini mengandung antioksidan yang mencegah kanker kulit. Penelitian Malaysia telah menunjukkan bahwa polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E dan senyawa aktif lainnya adalah antidepresan yang lebih manjur daripada selulosa.

5. Bantuan dari sembelit

Studi terhadap penderita asma parah menemukan bahwa makan buah ini lebih bermanfaat daripada makan makanan berserat tinggi seperti gandum.

Penting untuk diingat bahwa mangga adalah elemen kunci dari makanan FODMAP. Diet ini adalah salah satu makanan yang menghindari makanan yang mempromosikan gas dan tepung pada penderita IBS.

6. Membantu mencegah penyakit jantung

Diketahui bahwa kandungan serat, kalium dan vitamin pada buah ini mencegah penyakit jantung atau komplikasi. Pasalnya, peningkatan asupan kalium akan berbanding lurus dengan penurunan natrium dalam tubuh.

Jadi jika Anda mengonsumsi buah manis ini setiap hari, itu akan membantu Anda mengurangi risiko masalah jantung.

7. Meningkatkan penurunan berat badan

Jika mangga dimakan dalam proporsi yang pas dan tidak lebih, ternyata bermanfaat untuk menurunkan berat badan, lho! Ini karena kulit buah kuning mengandung fitokimia yang juga merupakan penghilang lemak alami.

Meski daging memiliki kandungan serat yang tinggi, namun tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan rasa lemas yang berkepanjangan. Saat Anda makan buah atau sayuran berserat tinggi, Anda tidak cepat lapar. Karena itu, mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa mencegah Anda makan berlebihan, sehingga sulit menurunkan berat badan.

Manfaat lain

manfaat mangga

1. Mencegah timbulnya jerawat

Manfaat mangga yang pertama adalah dapat mencegah timbulnya jerawat. Mengoleskan bubuk mangga pada kulit akan membantu membersihkan pori-pori serta mencegah komedo dan benjolan. Ekstrak mangga meningkatkan kesehatan kulit dengan membersihkan kulit dari semua bakteri.

Selain itu, mango butter merupakan pelembab yang baik untuk kulit sensitif. Mentega mangga bermanfaat untuk kulit berminyak dengan cara mengobati kelebihan lemak dan luka serta menutrisi kulit.

2. Pell Sa.

Nilai gizi pembeli sangat tinggi karena kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Mengonsumsi vitamin C, A, B6, E, K, beta karoten, magnesium, dan lainnya yang membuat Anda tetap sehat juga akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda.

3. Menghilangkan pembengkakan kulit

Mangga yang terdapat pada biji dan kulit buah mangga merupakan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini membantu peradangan yang disebabkan oleh benjolan dan penyakit radang kulit lainnya.

4. Merangsang pembentukan kolagen

Vitamin A dan C membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mengeluarkan protein kolagen. Protein kolagen adalah rantai asam amino yang membentuk jaringan ikat tubuh.

5. AHA mengangkat sel kulit mati

Asam alfa hidroksi atau AHA pada mangga merupakan scrub kimiawi alami yang bermanfaat untuk kulit Anda. Bahan ini akan membantu menghilangkan kulit kering dan dehidrasi serta membuatnya bersih dan sehat.

6. Pencegahan kanker

Mangga memiliki kandungan pektin yang tinggi, serat larut makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah secara efektif. Pektin dapat berkontribusi pada perkembangan kanker prostat. Sebuah studi oleh Food Research Institute menemukan bahwa campuran pektin terkait dengan galaktin 3 (protein yang berperan penting dalam semua tahap kanker). Hubungan kuat antara makan mangga dan mengurangi risiko kanker saluran cerna telah diteliti dalam sebuah studi penelitian kanker di Eropa.

7. Membantu menurunkan berat badan

Cara mudah menambah berat badan adalah dengan makan mangga. 150 gram mangga mengandung sekitar 86 kalori yang mudah diserap tubuh. Ini juga mengandung pati, yang dapat diubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Susu mangga mempercepat proses penurunan berat badan karena juga mengandung susu.

8. Keluar dari masalah pencernaan

Manfaat mangga berperan penting dalam mengatasi masalah seperti gizi buruk dan keasaman tinggi. Enzim pencernaan meningkatkan pencernaan alami yang efektif. Kandungan bioaktif dalam mangga, seperti eter, terpene, dan aldehida, meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki fungsi sistem pencernaan.

9. Menyembuhkan anemia

Mangga mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, yang membuat produk ini bermanfaat bagi penderita anemia. Asupan teratur dan moderat akan membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tonik yang terbuat dari mangga disebut tonik dalam jamu Cina dan digunakan untuk mengobati anemia, radang gusi, batuk, kram parah, mual, demam, mual dan anti bau. Tulang

10. Penundaan usia

Manfaat mangga membantu tubuh menyerap protein kolagen karena mangga kaya akan vitamin A dan C. Kolagen membantu melindungi pembuluh darah dan mengencangkan jaringan ikat tubuh, sehingga memperlambat proses penuaan. Karena itu, mangga bisa dijadikan sebagai makanan anti penuaan.