Manfaat Membuat Resensi

Manfaat Membuat ResensiManfaat Membuat Resensi

Resensi harus menyajikan kualitas sebuah karya yang berhubungan dengan keunggulan dan kekurangan sebuah karya.

Berikut adalah penjelasan tentang Manfaat Membuat Resensi.

Dari sisi honor, menulis artikel/opini di media cetak, dipastikan akan hanya mendapatkan satu honor, yakni dari media yang bersangkutan. Namun apabila menulis suatu resensi, honor yang didapat bisa tiga sekaligus. Honor pertama dari media yang memuat resensi, honor kedua dari penerbit buku yang diresensi. Honor ketiga dari penulis buku yang anda resensi.
Keuntungan kedua dari sisi intelektual. Tak bisa dipungkiri, proses meresensi sama halnya dengan proses seseorang melakukan riset. Meskipun terbilang riset sederhana, tapi jika dilakukan terus menerus akan mampu mengasah intelektual dan nalar kritis seseorang yang meresensi, dan akan menambah pengetahuan atau wawasan.
Keuntungan ketiga adalah keuntungan sosial. Meskipun tak sehebat artikel dan buku, namun jika resensi yang dibuat diterbitkan di media cetak ataupun majalah, maka yang meresensi akan mendapatkan keuntungan sosial dan tentu akan dikenal banyak orang.
Sebagai Sarana promosi buku. Buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah diresensi. Dengan demikian, resensi merupakan media untuk mempromosikan buku baru tersebut.
Memiliki Nilai ekonomis Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di koran atau majalah.
Sebagai Bahan pertimbangan. Memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut.
Sebagai Pengembangan Kreativitas Semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

 

Sumber: https://ngegas.com/data-pribadi-diduga-anggota-saracen-beredar-perlu-kah-disebarkan/