Manajer SG

Manajer SG

Manajer SG

Manajer SG

Disini jelas bahwa besar kecilnya proyek SIG akan sangat mempengaruhi jumlah dari manajer SIG (yang umumnya di delegasikan atas : Koordinator Program, Pimpro dan Manajer Aplikasi). Seorang manajer harus mengetahui secara umum bagaimana sebenarnya pekerjaan SIG tersebut, dalam banyak hal harus dapat mengatur pelaksanaan program SIG yang sedang ditanganinya.

Sistem Administrator

Disini seorang sistem administrator haruslah ahli dalam pengetahuan hardware, software, sistem komunikasi serta konfigurasinya. Hal ini sangat penting serta sangat diperlukan dalam tugas melaksanakan program pengembangan SIG. Manusia disini juga harus mengerti bagaimana proses SIG tersebut dari awal sampai akhir, sehingga jika terjadi kemaceta sistem dapat dengan cepat ditelusuri ataupun diatasi.

Manajer Basis Data

Manusia yang menangani, fungsi ini harus yang mengerti dan bertanggung jawab atas data spasial (ruang) dan data tabulasi. Mengerti kepustakaan data secara baik dengan bantuan komputer. Mengetahui bagaimana memelihara basis data serta data-data lainnya dan juga mengerti proses SIG itu sendiri. Diperlukan pengetahuan dan usaha agar data yang dikelolanya selalu baru atau up to date.

Analis SIG

Bagi Analis, memberikan saran yang benar atas sistem serta prosedur aplikasi dari sistem sangat diharapkan. Pengetahuan mengenai Computer Operating System, perangkat lunak SIG itu sendiri, konsep dan desain dasarnya dan aplikasinya sangat perlu guna menangani fungsi ini.

Programmer

Programmer adalah bagian yang sangat penting guna dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi program yang sesuai dengan kebutuhan dan sangat berperan dalam kelancaran penangan pengembangan sistem serta kelancaran aplikasinya. Dalam hal memerlukan kedetailan fungsi serta keahlian, maka programmer dapat dibagi menjadi kelompok aplikasi programmer dan sistem programmer. Mendalami bahasa-bahasa komputer adalah suatu keharusan, seperti pengetahuan mengenai bahas-bahasa komputer anatar lain, Fortran, C, Pascal, SQL maupun aplikasi dengan bahasa macro. Manusia disini adalah merupakan ‘State of the art’ dari program pengembangan suatu bangun SIG.

Sumber : https://aziritt.net/racer-underground-apk/