Liken (Lichenes)

Liken (Lichenes)

Liken atau lumut kerak adalah simbiosis antara alga dengan jenis jamur tertentu. Alganya berasal dari alga hijau dan biru bersel satu, sedangkan jamurnya berasal dari Ascomycotina atau Basidiomycotina. Karena kemampuannya membantu pelapukan batuan, liken mempunyai peran yang sangat besar dalam pembentukan tanah dari batuan.

Menurut bentuknya lumut kerak dapat dibagi menjadi 3 kelompok

  1. Krustos
  2. Folios
  3. Frutikos

Beberapa jenis liken yang banyak dijumpai:

  1. Usnea dasypoga dan Usnea berbata
  2. Cladonia rangiferina
  3. Roccelia tinctoria
  4. Certaria islandica
  5. Pemelia acetabulum

Mikoriza

Merupakan suatu bentuk asosiasi sembiotik antara akar tumbuhan tingkat tinggi dengan miselium cendawan tertentu. Mikoriza sangat bermanfaat untuk:

  1. Meningkatkan arbsorpsi hara dari dalam tanah
  2. Penghalang biologi terhadap infeksi pathogen akar
  3. Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kekeringan dan kelembapan yang ekstrem
  4. Meningkatkan produksi hormone pertumbuhan dan zat pengatur tumbuh lainnya seperti auksin
  5. Menjamin terselenggaranya proses biogeokemis

Mikoriza terbagi atas dua golongan yaitu:

  1. Ektomikoriza merupakan mikoriza yang menginfeksi permukaan luar tanaman dan diantara sel-sel ujung akar. Pada ektomikoriza jarinan hifa cenderung tidak masuk kedalam sel korteks tetapi hanya sampai pada bagian epidermis akar tumbuhan. Jamur ini tidak bersimbiosis karena jamur  mendapat makanan dari tumbuhan inangnya.
  2. Endomikoriza merupakan mikoriza yang menginfeksi bagian dalam  akar tanaman didalam dan diantara sel-sel ujung akar. Pada endomikoriza, jaringan hifa cendawan masuk kedalam korteks akar dan membentuk struktur yang khas berbentuk oval yang disebut vesikel. Endomikoriza berperan untuk merangsang pertumbbuhan bintil akar dan mempercepat fiksasi nitrogen.
  3. PLANTAE

Plantae adalah organisme eukariotik multiseluler yang mempunyai dinding sel dan klorofil. Tumbuhan dan beberapa jenis alga adalah bagian utama dari kingdom ini. Tumbuhan memiliki kemampuan untuk menghasilkan makanan sendiri (autotrof) dengan klorofil yang dimiliki. Klorofil membuat tumbuhan menjadi didominasi oleh warna hijau. Kingdom ini berperan sebagai produsen dalam rantai makanan. Terdapat kurang lebih 400.000 spesies dalam kingdom plantae.

  1. Ciri-ciri umum plantae.
  • merupakan organisme multiseluler,
  • Eukariot
  • autotroph (fotosintetik)
  • Dinding sel tumbuhan disusun atas senyawa selulosa,
  • Menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum

 

Recent Posts