Layanan Digital di Indonesia Mayoritas Milik Asing

Layanan Digital di Indonesia Mayoritas Milik Asing

Layanan Digital di Indonesia Mayoritas Milik Asing

Layanan Digital di Indonesia Mayoritas Milik Asing

HINGGA saat ini penyedia layanan digital di Indonesia, sebagian besar masih

dikuasai oleh pihak asing. Sehingga jaminan untuk kedaulatan data dan privasi masih belum optimal. Menghadapi era digital tersebut, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menyampaikan bahwa dibutuhkan kesiapan yang matang, agar Indonesia dapat terus berdaulat dan berdaya saing di era digital ini.

BPPT sebut Hammam saat ini terus melakukan penguasaan teknologi

di bidang kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Yakni dengan membangun BPPT Artificial Intelligence Innovation Center. Keberadaan BPPT AI Innovation Center ini ujar Hammam akan semakin meningkatkan dukungan teknologi BPPT bagi semua kalangan. BPPT imbuhnya, siap untuk melakukan kerjas ama terkait penerapan AI di berbagai bidang.

“Pembangunan AI Center BPPT sudah dalam tahap penyelesaian. Kecanggihan teknologi AI atau kecerdasan buatan ini, harus kita optimalkan untuk percepatan dan efisiensi pembangunan nasional,” jelas Hammam usai pertemuan Indonesia AI Accelleration Advisory Board di Jakarta, Rabu, (16/10).

Dalam keterangan resminya, Hammam mengatakan bahwa teknologi kecerdasan

buatan dapat digunakan dalam berbagai sektor, mulai dari pertanian, farmasi, militer, hingga mitigasi bencana.

Hammam menjelaskan Artificial Intelligent bisa dikatakan sebuah teknologi yang dapat ditugaskan untuk melakukan rasionalisasi data, dan formulasi. Sekaligus untuk menghasilkan rekomendasi berupa hasil atau tindakan yang memiliki peluang terbaik.

 

sumber :

https://apkmod.co.id/