Komposisi dan Bahasan Kalimat

Komposisi dan Bahasan Kalimat

Komposisi dan Bahasan Kalimat

Komposisi dan Bahasan Kalimat

Komposisi adalah

Bentuk pengungkapan gagasan berupa gubahan yang tercermin dalam susunan beberapa kalimat. Sebuah komposisi dapat terbentuk hanya dalam satu untaian kalimat dan dapat pula berupa rangkaian kalimat. Untaian kalimat yang mencerminkan satu gagasan yang padu membangun satu paragraf atau alinea. Skripsi, makalah, berita di koran, pidato, dan surat adalah contoh komposisi. Karya sastra yang berupa sajak, cerpen, dan novel pun merupakan komposisi. Paragraf pada sajak dikenal dengan istilah bait.

 

Kalimat efektif, menurut Alwi (2001:38), adalah

Kalimat yang memperlihatkan bahwa proses penyampaian oleh penulis dan pembaca berlangsung sempurna sehingga isi atau maksud yang disampaikan oleh penulis tergambar lengkap dalam pikiran pembaca.atau juga merupakan kalimat yang dapat mewakili gagasan pembicara atau penulis serta dapat diterima maksudnya serta tujuannya seperti yang dimaksud penulis atau pembicara

Kalimat yang efektif dapat dilihat dari ciri-ciri berikut,yaitu:

-memiliki keutuhan atau keterkaitan makna antarunsur di dalam kalimat
-mempunyai kesejajaran struktur klausa dan kesejajaran makna/informasi
-memfokuskan unsur-unsur dengan mengulang bagian-bagian yang ditekankan
-menunjukkan penghematan dalam kata

 

Kalimat efektif juga mempunyai ciri-ciri yang lain,sebagai berikut :

1. Kesatuan gagasan : memiliki subjek,predikat serta unsur-unsur lain yang saling mendukung serta membentuk kesatuan tunggal.
2. Kesejajaran :memiliki kesamaan bentuk atau imbuhan.jika kalimat itu menggunakan kata kerja berimbuhan di- , bagian kalimat lainnya pun harus menggunakan imbuhan di- .contohnya anak itu menolong seorang kakek dengan dipapahnya kepinggir jalan.
3. Kehematan : kalimat efektif tidak boleh menggunakan kata-kata yang tidak perlu. Kata-kata yang berlebihan penggunaan katanya hanya akan mengaburkan maksud kalimat.
4. Penekanan : kalimat yang dipentingkan harus diberi penekanan
5. Kelogisan : kalimat efektif harus mudah dipahami dalam hubungan ini unsure-unsur dalam kalimat harus memiliki hubungan yang logis atau masuk akal.
Syarat-syarat kalimat efektif,yaitu :
1. Secara tepat mewakili gagasan pembicara atau penulisnya.
2. Menimbulkan gagasan yang sama tepatnya antara pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulisnya. Contoh Teks Editorial Di Koran