Kemendikbud dan KPK Kerjasama Cegah Korupsi

Kemendikbud dan KPK Kerjasama Cegah Korupsi

Kemendikbud dan KPK Kerjasama Cegah Korupsi

Kemendikbud dan KPK Kerjasama Cegah Korupsi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan ketua KPK Agus Rahardjo

melakukan penandatanganan kerjasama pencegahan dan pemberantasan korupsi pada Kamis (3/8/2017).

“Diharapkan dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kemampuan Kemendikbud untuk memenuhi tanggungjawabnya, baik kepada Tuhan maupun kepada publik,” kata Muhadjir di gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Kerjasama yang diprakarsai KPK, meliputi pendidikan anti korupsi,

pertukaran data atau informasi, sistem pencegahan korupsi, implementasi platform JAGA, serta pelayanan pengaduan masyarakat dan penertiban barang milik negara.

Muhadjir mengatakan MoU yang berlaku selama lima tahun ini untuk meningkatkan koordinasi berbagai pihak dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, khususnya di sektor pendidikan.

Kemendikbud telah memasukkan nilai-nilai karakter anti korupsi ke

dalam muatan mata pelajaran dalam kurikulum pendidikan.

“Pendidikan anti korupsi diperkenalkan kepada peserta didik sedini mungkin agar tertanam ke dalam jiwa peserta didik untuk membentuk karakter integritas yang kokoh,” katanya.

Pendidikan anti korupsi juga akan menyasar satuan pendidikan agar dapat meningkatkan tata kelola dan menjadi lembaga yang akuntabel. Dan hal itu akan disusun dan dikembangkan modul-modul untuk pendidik dan tenaga kependidikan agar menjadikan sekolah sebagai tempat menumbuhkan karakter integritas.

“Sesuai dengan salah satu nilai karakter prioritas dalam penguatan pendidikan karakter. Memang harus ada keteladanan,” kata Muhadjir.

 

Sumber :

https://karinov.co.id/materi-pembuatan-teks-eksplanasi/