Kemampuan Kepala dan Pengawas Sekolah

Kemampuan Kepala dan Pengawas Sekolah

Kemampuan Kepala dan Pengawas Sekolah

Kemampuan Kepala dan Pengawas Sekolah

Program Penguatan Kemampuan Kepala dan Pengawas Sekolah merupakan salah satu program strategis Kementerian Pendidikan Nasional untuk percepatan peningkatan mutu pendidikan di tanah air. Hal ini didasari banyaknya hasil kajian baik dari luar maupun dalam negeri yang mendukung bahwa kualitas sekolah sangat erat kaitannya dengan kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Hampir tidak ada sekolah bermutu tanpa kepala sekolah yang bermutu, dan didukung oleh pengawas yang bermutu. Dengan demikian, apabila ingin meningkatkan mutu sekolah, dimulai dengan pembenahan kepala sekolah dan pengawas sekolah dilanjutkan pembenahan guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 13 Tahun 2007 tentang Kepala Sekolah/Madrasah dan Permendiknas No. 12 Tahun 2007 tentang Pengawas Sekolah mengatur tentang standar kualifikasi, kompetensi dan pembinaan kepala sekolah serta pengawas sekolah. Dengan berlandaskan perundang-undangan yang berlaku, pada tahun 2010 pemerintah menargetkan sebanyak 30.000 orang kepala dan pengawas sekolah untuk mengikuti program penguatan kemampuan kepala sekolah dan pengawas sekolah. Untuk merealisasikan program dimaksud, Direktorat Tenaga Kependidikan telah mempersiapkan berbagai cara seperti: (1) mempersiapkan dan merumuskan materi/bahan ajar untuk pelaksanaan program penguatan, (2) mempersiapkan calon fasilitator yang akan melaksanakan program penguatan, (3) mengidentifikasi sumber-sumber pendanaan yang mendukung tercapainya target dan sasaran program penguatan, serta (4) merevisi peraturan yang terkait dengan rekruitmen dan pembinaan kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Bertempat di Komplek Depdiknas Senayan, Sabtu, 30 Januari 2010 Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D meluncurkan secara resmi dimulainya Program Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah untuk tahun 2010. Kurang lebih 600 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan pengawas sekolah dari berbagai provinsi di Indonesia serta stakeholder pendidikan hadir dalam peluncuran tersebut.

Selanjutnya para peserta mengikuti kegiatan penguatan kemampuan kepala dan pengawas sekolah menyangkut diantaranya  Peningkatan Kompetensi Alumni Peserta Pelatihan Kepala Sekolah kerjasama Direktorat Tenaga Kependidikan dengan British Council, National Institute of Education (Singapura) & Educational Testing Service (USA),  Peningkatan kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam Akuntabilitas Sekolah, Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah dalam Analisis Potensi Kepemimpinan dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian, serta Pembinaan Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi dan Berdedikasi.

Sebagai keynote speaker dalam peluncuran program tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Martani Husaini, M.Sc yang menyampaikan presentasi Penerapan Konsep Superleadership dalam Pengelolaan Sekolah Masa Depan, yang mampu memperkaya wawasan peserta tentang pengelolaan sekolah dan wirausaha.