KEBUDAYAAN MENURUT WILAYAH

KEBUDAYAAN MENURUT WILAYAH

KEBUDAYAAN MENURUT WILAYAH

KEBUDAYAAN MENURUT WILAYAH

Budaya dunia adalah keseluruhan variasi regional dalam budaya, baik menurut bangsa maupun kelompok etnis dan lebih luas lagi, berdasarkan variasi regional yang lebih besar. Kesamaan dalam budaya sering terjadi di masyarakat yang dekat secara geografis.
I.                   Budaya afrika 
Afrika adalah rumah bagi banyak sekali suku, etnis dan kelompok sosial, sebagian merupakan populasi yang terdiri dari jutaan orang sedang sebagian lainnya adalah kelompok kecil yang terdiri dari beberapa ribu orang saja. Kebanyakan dari kelompok ini tumpang tindih. Perbedaan yang paling konvensional adalah antara sub-Sahara Afrika dan negara-negara Afrika Utara dari Mesir ke Maroko, yang sebagian besar mengasosiasikan dirinya dengan budaya Arab. Dalam perbandingan ini, negara-negara di selatan Sahara dianggap terdiri dari banyak budaya daerah, khususnya yang berasal dari kelompok bahasa Bantu.
Pembagian juga dapat dibuat berdasar Afrika-Prancis dan Afrika secara keseluruhan, khususnya bekas koloni Inggris di Afrika Timur dan Selatan. Garis pembeda lain adalah budaya antara orang Afrika yang hidup dengan gaya tradisional dan mereka yang pada dasarnya hidup modern. Praktek tradisionalis kadang-kadang dibagi lagi menjadi dua, yaitu penggembalaan dan pertanian.
Afrika adalah benua besar dan makanan serta minuman di Afrika mencerminkan pengaruh lokal dan kolonial terhadap tradisi makanan, termasuk diantaranya penggunaan produk-produk makanan seperti paprika , kacang , dan jagung yang diperkenalkan oleh penjajah. Masakan Afrika adalah kombinasi buah-buahan tradisional, sayuran, susu, dan produk daging. Makanan di desa- desa Afrika biasanya terdiri dari susu, dadih , dan whey dicampur dengan daging buruan serta ikan yang dikumpulkan dari area Afrika yang luas.
2.         Anglo-Amerika, Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada) 
Karena dominasi ekonomi Amerika Serikat, bahasa Inggris yang dipakai bersama oleh kedua negara, dan perbatasan yang bebas(visa tidak diperlukan untuk berpindah di antara keduanya), budaya Amerika Serikat dan Kanada sangatlah mirip. Namun, ada beberapa perbedaan penting. Di antaranya adalah fakta bahwa Kanada memiliki minoritas pengguna bahasa Perancis yang besar, sementara bahasa kedua yang paling umum di Amerika Serikat adalah Spanyol . Selain itu, Kanada menggunakan sistem metrik , sedangkan AS tidak. Ejaan orang Kanada biasanya lebih mirip dengan ejaan British, meskipun pidato orang Kanada agak mirip dengan American.
Budaya Kanada 
Budaya Kanada secara historis sangat dipengaruhi oleh budaya dan tradisi Inggris, Perancis, Irlandia, Skotlandia dan Aborigin, dan dari waktu ke waktu sangat terpengaruh oleh budaya Amerika karena faktor kedekatan dan pertukaran sumber daya manusia diantara keduanya. Berbagai bentuk media dan hiburan Amerika populer di sini; sebaliknya, banyak produk budaya dan penghibur Kanada yang sukses di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.
Penciptaan dan pelestarian budaya kanada yang lebih jelas telah sebagian dipengaruhi oleh program pemerintah federal, hukum dan institusi seperti Canadian Broadcasting Corporation (CBC), maka Dewan Film Nasional Kanada (NFB), dan Televisi Kanada-Radio dan Telekomunikasi Komisi (CRTC).
Budaya Kanada juga telah sangat dipengaruhi oleh imigrasi yang lebih baru orang-orang dari seluruh dunia. Kanada banyak nilai multikulturalisme , memang beberapa budaya kanada lihat sebagai inheren multikultural. Multicultural warisan diabadikan dalam pasal 27 dari Piagam Kanada hak dan kebebasan .
Nasional simbol dipengaruhi oleh alam, sejarah, dan bangsa pertama sumber. Khususnya, penggunaan daun maple , sebagai simbol kanada, tanggal kembali ke awal abad 18 dan digambarkan pada perusahaan saat ini dan sebelumnya bendera, yang sen , dan pada lambang .
3.         Amerika Serikat 
Budaya Amerika telah menjadi melting pot budaya berbeda di seluruh dunia, yang telah membentuk budaya terpadu berpusat di impian Amerika iman, yang diselenggarakan oleh banyak orang di Amerika Serikat, bahwa, melalui kerja keras, keberanian, dan penentuan nasib sendiri, tanpa memandang kelas sosial, seseorang dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik . Keyakinan ini berakar pada keyakinan bahwa negara adalah sebuah ” kota di atas bukit , sebuah cahaya kepada bangsa-bangsa, ” yang nilai-nilai yang dimiliki oleh banyak awal pemukim Eropa dan dipelihara oleh generasi berikutnya.
Masakan Amerika , mencakup bahan-bahan asli Amerika seperti kalkun , kentang , jagung , dan labu yang telah menjadi bagian integral dari budaya Amerika. Ikon populer seperti pai apel , pizza , dan hamburger semuanya berasal dari hidangan eropa. Burrito dan tacos memiliki asal mereka di Meksiko. Namun, banyak makanan sekarang dinikmati di seluruh dunia baik berasal dari Amerika Serikat atau secara substansial diubah oleh koki amerika.
4.         Asia 
Secara budaya, ada sedikit kesatuan atau sejarah umum bagi banyak budaya dan bangsa Asia.
Seni Asia , musik , dan masakan , serta sastra , merupakan bagian penting dari budaya Asia. Filsafat timur dan agama juga memainkan peran utama, dengan Buddha , Hindu , Taoisme , Konfusianisme , Islam , dan Kristen semua peran utama bermain. Salah satu bagian yang paling kompleks dari kebudayaan Asia adalah hubungan antara budaya tradisional dan dunia barat .
Asia Timur
Asia timur biasanya dianggap terdiri dari Cina , Jepang , Korea , tetapi juga dapat mencakup Mongolia dan Indocina . . Pengaruh yang dominan historis telah Cina, meskipun di zaman modern, pertukaran budaya telah mengalir lebih bidireksional. Karakteristik utama dari daerah ini termasuk bersama Cina karakteristik bahasa berasal-, serta agama bersama, khususnya Buddhisme . Ada juga filsafat sosial dan moral bersama berasal dari Konfusianisme .
The script Cina adalah terus digunakan menulis sistem tertua di dunia. Hal ini telah lama menjadi prinsip pemersatu di Asia Timur, sebagai kendaraan untuk menyampaikan budaya Cina. Dalam kebanyakan kasus makna dari karakter yang serupa antara bahasa dan varietas dari Cina, tetapi pengucapannya berbeda. Dalam Cina, semua orang melek huruf menulis klasik Cina (dan sekarang Cina Utara ), Cina pemersatu cara latin pernah melakukan Eropa, juga, Jepang, Korea selatan, dan orang-orang Taiwan dapat berkomunikasi ke tingkat yang terbatas menggunakan karakter Cina, meskipun tidak juga dengan daratan Cina, dimana sistem penulisan telah disederhanakan.
Selain dari pengaruh pemersatu Konfusianisme , Buddhisme , dan karakter Cina , ada banyak keanekaragaman antar daerah.
Asia Selatan (India Benua)
Bangsa-bangsa di India , Pakistan , Bangladesh , Bhutan , Nepal dan Sri Lanka berbagi latar belakang etnis dan semua memiliki budaya yang sama. Hal ini terutama disebabkan oleh fakta bahwa sebelum partisi 1947, India mencakup baik Pakistan dan Bangladesh pada perbatasannya. Alasan mereka terpisah adalah karena berbagai komposisi keagamaan di berbagai negara bagian India.
5.         Eropa
Budaya di Eropa lebih baik mungkin digambarkan sebagai serangkaian tumpang tindih budaya Eropa . Apakah itu pertanyaan dari barat sebagai lawan timur , Katolik dan Protestan sebagai lawan dari ortodoksi timur , atau Kristen sebagai lawan Islam , banyak yang mengaku untuk mengidentifikasi garis pemisah budaya di seluruh benua.
Eropa telah menjadi buaian untuk inovasi banyak budaya dan gerakan, sering bertentangan satu sama lain seperti penyebaran agama Kristen dan humanisme , yang akibatnya telah menyebar ke seluruh dunia. The Renaissance ide-ide klasik mempengaruhi perkembangan seni dan sastra jauh melampaui batas-batas benua.
Meskipun budaya Eropa memiliki asal-usul bervariasi, Eropa di masa sekarang telah menjalani bergerak menuju tujuan ekonomi terpadu dan sistem politik, terutama melalui Nato dan Uni Eropa . Gagasan tentang sebuah Eropa yang bersatu dan hilangnya keunikan lokal telah menghasilkan reaksi, dengan konstitusi Eropa ditolak di Prancis dan Belanda.
Pengaruh Global 
Budaya Eropa juga memiliki pengaruh yang luas di luar Benua Eropa karena warisan kolonialisme . Dalam arti yang lebih luas kadang-kadang disebut sebagai peradaban barat . Hampir semua Amerika diperintah oleh kekuatan Eropa pada waktu tertentu, dan beberapa bagian dari dunia baru, seperti Perancis Guyana , masih. Mayoritas penduduk amerika berbicara bahasa-bahasa Eropa, terutama Spanyol , Inggris , Portugis , dan Perancis . Selain itu budaya dari kekuasaan kolonial Eropa ( Spanyol , Inggris , Portugal , Rusia dan Perancis ) memberikan suatu pengaruh yang kuat.
Warisan kolonialisme telah menyebar kebudayaan Eropa di tempat lain di dunia. Eropa sangat mempengaruhi kebudayaan Afrika , India , Israel , Australia , dan tempat-tempat lain dijajah atau diselesaikan oleh orang eropa.