Kartografer

Kartografer

Kartografer

Kartografer

Dengan dasar pengetahuan pengambaran peta dan pemetaan umumnya keperluan fungsi ini adalah melaksanakan : pemasukan data (penggambaran manuskrip, digitasi, dsb.) dan penata letakan peta-peta keluaran untuk konsumsi pemakai sehingga segi ‘seni’ dan ‘kejelasan’ isi peta dapat dipertanggung jawabkan. Masalah konversi proyeksi serta perubahan zone ke zone adalah juga tanggung jawab kartografer. Hal ini perlu bila suatu proyek SIG yang mencakup areal yang sangat luas yang terbentang melebihi satu zone UTM. Jika hal ini kurang diperhatikan, maka dalam hal analisa dari overlay layer-layer akan mengalami kesalahan yang sangat mengganggu.

Dengan fungsi-fungsi keahlian tersebut di atas sebenarnya ada satu lagi yang perlu diperhatikan, yaitu : Pengontrol Kwalitas. Dalam rangka menjamin keberhasilan basis data serta keluaran produk-produk SIG, jaminan kwalitas produksi yang konsisten adalah sangat penting.

Untuk itu perlu dibentuk suatu kelompok yang bertanggung jwab atas bidang ini. Standarisasi dan spesifikasi adalah syarat yang perlu ditentukan agar hasil yang dibuat tetap konsisten kwalitasnya. Dalam mengontrol kwalitas di sini, tidak saja pad asaat pembuatan basis datanya, tapi juga waktu proses sampai dengan produk akhir harus selalu dipertahnkan. Jadi jelas fungsi ini sangat penting dan memerlukan konsentrasi yang penuh agar hasil yang dibuat tidak mengecewakan.

Sumber Daya Manusia

Dari komponen-komponen, kwalifikasi serta urutan pelaksanaan sampai keahlian yang diperlukan untuk membangun suatu ‘team’ SIG, maka kembali ketiga pokok tersebut terdahulu yaitu : Data, Sistem serta Manusia masih tetap sangat penting dan saling terkait. Manusia sebagai sumber penggerak harus mempunyai klasifikasi dari kwalifikasi kemampuan yang menunjang seperti apa yang telah disebutkan sebelumnya.

Untuk meningkatkan kwalitas SDM yang ada, pendalaman masing-masing fungsi dari setiap langkah dari program pelaksanaan SIG sangatlah perlu. Agar pemenuhan kwalitas SDM tercapai, perlunya keikut srtaan para pelaku dalam proyek-proyek SIG yang ada, karena dengan keikut sertaannya dalam proyek SIG penambahan pengalaman akan didapat dengan sendirinya.

Juga perlu diketahui pembentukan suatu program pelaksanaan pembuatan proyek SIG sangatlah kompleks karena memerlukan kemampuan untuk menggabung data keruangan dan data atribut yang dijabarkan dalam layer-layer dan sistem basis data. Jika belum ada proyek SIG, pendalaman literatur dapat membantu meningkatkan kwalitas serta SDM yang ada.

Dari uraian yang singkat diatas, pemenuhan SDM dan kwalitas dari SDM itu sendiri dalam rangka pengembangan program SIG dapat dicapai dengan :

· Pendalaman dari masing-masing fungsi dari rangkain program pengembangan proyek SIG.

· Penambahan pengalaman dengan ikut serta dalam proyek pengembangan SIG.

· Pendalaman materi dengan jalan mencari dalam literatur yang berhubungan.
Pendidikan baik formal maupu

Baca Juga :