Kajian Mengenai Konseling Melalui Internet

Kajian Mengenai Konseling Melalui Internet

Kajian Mengenai Konseling Melalui Internet

Kajian Mengenai Konseling Melalui Internet

Penelitian yang berjudul ” Cybercounseling “, ini bertitik tolak dari perkembangan global yang semakin pesat khususnya dibidang teknologi komunikasi memberikan pengaruh terhadap pelayanan dan bimbingan konseling. Konseling tidak hanya melalui proses tatap muka tetapi lebih dari itu dengan menggunakan media komunikasi seperti telepon, internet, e-mail, chat rooms dan video.
Cybercounseling sebagai sesuatu yang baru yang dapat mengikuti kecepatan dan keefektifan komunikasi lewat internet dan merupakan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan klien. Demikian pun klien, dapat memperoleh informasi dalam ruang lingkup yang luas.
Perkembangan ini tentunya menuntut kesiapan dan adaptasi para konselor dalam penguasaan teknologi di dalam melaksanakan bimbingan konseling. Konselor dituntut memiliki kompetensi agar mampu menerima inovasi baru tanpa melupakan pemberian layanan yang tradisional. Hal ini membawa profesi konseling dalam posisi layanan yang terbuka, interdipenden dan interconnected. Diversifikasi kebutuhan konseling akan semakin lebar, target populasi layanan semakin luas dan bervariasi, tujuan konseling semakin berorientasi pada perkembangan dalam konteks atau sistem untuk jangka panjang, strategi intervensi akan banyak bernuansa teknologi dan lingkup layanan menjadi semakin luas dan beragam. Kecenderungan ini menuntut konseling untuk mengembangkan diversifikasi respon, program dan strategi intervensi, ragam layanan profesional dan spektrum konselor yang harus dipersiapkan. Berdasarkan analisis peneliti diperoleh informasi mengenai terminologi yang lazim digunakan pada komunitas cybercounseling, jenis layanan cybercounseling, etika pada cybercounseling, isu-isu yang muncul pada cybercounseling.
Temuan-temuan penelitian menunjukkan hal yang positif mengenai cybercounseling sehingga dapat digunakan sebagai alternatif dalam layanan bimbingan konseling.

Baca Juga :