IPB Bekali Mahasiswa Sebelum Turun Sosialisasi ke Daerah

IPB Bekali Mahasiswa Sebelum Turun Sosialisasi ke Daerah

IPB Bekali Mahasiswa Sebelum Turun Sosialisasi ke DaerahIPB Bekali Mahasiswa Sebelum Turun Sosialisasi ke Daerah

IPB Bekali Mahasiswa Sebelum Turun Sosialisasi ke Daerah

Biro Komunikasi Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan workshop bertajuk “Pembinaan Organisasi Mahasiswa

Daerah dan Persiapan Sosialisasi ke SMA” di Auditorium Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK) Fakultas Ekologi Manusia, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Minggu (14/10/2018).

Hadir sebagai pembicara adalah Kepala Bagian Promosi Biro Komunikasi, drh. M. Fahrudin, Ph.D dan Kepala Bagian Humas, Siti Nuryati, S.TP MSi, MIPR. serta Haikal Saputra, alumni IPB yang sudah lama bergerak dalam bidang Public Speaking.

Di hadapan ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Mahasiswa Daerah (OMDA),

drh. Fakhrudin mengatakan bahwa tugas utama yang diembanOMDA adalah mengubah mindset siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tentang pertanian. Menurutnya, hingga kini siswa SMA masih menempatkan pertanian dalam stigma jorok, kotor, dan lain-lain.

“Padahal, di era sekarang sudah banyak dilakukan proses modernisasi pertanian. Kitalah selaku civitas akademika IPB yang harus menyadarkan ke anak-anak SMA terkait hal tersebut agar mereka ingin masuk ke IPB,” ujarnya.

Sementara itu, Siti Nuryati memberikan pembekalan terkait hal-hal yang harus tersampaikan kepada siswa SMA.

“Kita harus bisa menjelaskan pertanian dalam arti luas kepada siswa SMA.

Sebagai kakak kelas yang dijadikan penutan oleh adik-adik kelasnya di SMA, mahasiswa Omda harus membekali diri dengan berbagai informasi penting tentang IPB, mulai program studi, inovasi, asrama, beasiswa, hingga jalur-jalur masuk IPB sehingga kehadiran mahasiswa Omda didaerahnya masing-masing akan betul-betul manjadi ujung tombak pemberi informasi yang sangat dinanti-nanti siswa SMA,”jelasnya

Dalam kesempatan tersebut Haikal Saputra menyampaikan materi dengan tema “Public Speaking: Peningkatan Kemampuan Komunikasi untuk Sosialisasi IPB”.

Galuh Prayoga, salah satu peserta menyatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat sebagai bekal saat mereka sosialisasi IPB ke SMA-SMA daerah asalnya.

 

Sumber :

https://jeffmatsuda.com/