Fragmentasi Datagram

Fragmentasi Datagram

Fragmentasi Datagram

Fragmentasi Datagram

Ketika Datagram dilewatkan melintasi jaringan yang berbeda, suatu modul IP dalam gateway mungkin perlu untuk membagi datagram ke dalam bagian-bagian kecil. Datagram yang diterima dari suatu network mungkin terlalu besar untuk ditransmisikan dalam satu paket pada jaringan yang berbeda. Kondisi ini hanya terjadi ketika gateway menghubungkan jaringan fisik yang berbeda. Sederhananya setiap network mempunyai MTU(Maximum Transfer Unit) yang berbeda. Jika datagram yang diterima lebih besar dari MTU maka perlu dilakukan pemecahan datagram kedalam fragmen-fragmen kecil untuk ditransmisikan, melewatkan datagram ke transport layer ketika IP menerima datagram yang dialamatkan ke localhost dia harus melewatkan bagian data dari datagram pada protokol transport layer yang sesuai. Hal ini dilakukan dengan menggunakan nomor protokol dari header datagram. Setiap protokol transport layer mempunyai nomor protokol yang unik.

Internet Control Message Protocol

Sebuah bagian integral dari IP adalah ICMP. Protokol ini merupakan bagian dari Internet Layer dan menggunakan fasilitas pengiriman datagram IP untuk mengirim message-nya. ICMP mengirim messagenya yang berfungsi untuk kontrol, reportasi, kesalahan dan fungsi informasi:

flow control

menditeksi tujuan yang unreachable

me-redirection route

mengecek remote host

Transport Layer

Dua protokol terpenting dalam layer ini adalah TCP(Tansmission Control Protocol) dan UDP(User Datagram Protocol). TCP menyediakan pelayanan pengiriman data yang reliable dengan deteksi dan koreksi kesalahan end to end. Sedangkan UDP menyediakan pelayanan pengiriman datagram yang cooectionless dan tanpa dilengkapi deteksi dan koreksi kesalahan. Kedua protokol mengirimkan data antara layer aplikasi dan layer internet. TCP merupakan protokol yang connection oriented (dan handshake).

Application Layer

Layer ini melingkupi semua proses yang menggunakan protokol tranport layer untuk mengirimkan data. Ada banyak protokol aplikasi yang paling populer, misalnya:

telnet, network terminal protocol, meyediakan fasilitas remote login lewat jaringan

ftp, file transfer protocol, digunakan untuk transfer file yang interaktif

smtp, simple mail transfer protocol yang bertugas untuk mengirimkan mail karena layer ini berhubungan langsung dengan servis yang ditawarkan pada pemakai jaringan, maka protokol-protokol baru masih ditambahkan yang memperkaya pengalaman pada user.

Dasar-dasar Pembentukan Jaringan TCP/IP

Ada beberapa konsep mendasar yang harus diperhatikan dalam mensetup jaringan TCP/IP, yaitu pengalamatan (addressing), routing dan name-service. Ide dasarnya adalah sebagaimana data yang dikirim sampai pada mesin yang sesuai (mesin tujuan) dan sebagaimana hal tersebut dapat dilakukan oleh operator dengan mudah.

Untuk dapat berkomunikasi, data dari suatu host (mesin) harus dilewatkan ke jaringan menuju host tujuan, dan dalam host tersebut ke user atau peroses yang sesuai. TCP/IP menggunakan tiga skema untuk memenuhi tugas ini, yaitu :

Addressing

IP address yang mengidentifikasikan secara unik setiap host di jaringan, sehingga dapat menjamin data dikirim ke alamat yang benar.

Routing

Pengatur gateway untuk mengirim data kejaringan dimana host tujuan berada.

Pengalamatan dan IP Address.

Internet Protokol (IP) melewatkan data antar host dalam bentuk datagram. Setiap datagram dikirim ke address yang ditunjukkan oleh address tujuan dalam header datagram.Address tujuan adalah 32 bit IP address standar yang berisi informasi yang cukup untuk mengidentifikasi secara unik jaringan dan host tertentu di jaringan tersebut.

IP address terdiri dari bagian network dan bagian host, tetapi format dari bagian-bagian ini tidak sama untuk setiap IP address. Jumlah bit address yng digunakan untuk mengidentifikasikan jaringan, dan bilangan yang digunakan untuk mengidentifikasikan host berbeda-beda tergantung kelas address yang digunakan.

Ada tiga kelas address utama: Kelas A, B, dan C. Dengan memeriksa beberapa bit pertama dari suatu address, software IP bisa dengan cepat membedakan kelas address dan strukturnya.

IP address biasanya ditulis sebagai 4 urutan bilangan desimal yang dipisahkan dengan titik. Setiap bilangan tersebut berupa salah satu bilangan yang berharga diantara 0-255( nilai decimal yang mungkin untuk 1 byte).

Sumber : https://sorastudio.id/relax-melodies-apk/