Electronic Commerce

Electronic Commerce

Electronic Commerce

Electronic Commerce

Jaringan Elektronik
Jaringan elektronik adalah sekelompok komputer yang dikoneksikan secara elektronik. Koneksi tersebut memungkinkan perusahaan untuk merangkai data transaksi dan mendistribusikan informasi ke berbagai lokasi yang secara fisik saling berjauhan.
LAN, MAN, WAN
  • Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang ada pada suatu lokasi tertentu, seperti dalam suatu gedung atau sekelompok gedung yang letaknya berdekatan satu dengan yang lainnya.
  • Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang ada dalam suatu kota tertentu atau area metropolitan.
  • Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup minimal dua area metropolitan.

 

Internet 
Internet merupakan jalur elektronik yang terdiri dari berbagai standar dan protokol yang memungkinkan komputer di lokasi manapun untuk saling berkomunikasi.
Internet address
Setiap komputer atau pengguna internet membutuhkan IP ( Internet Protokol address ) untuk berkomunikasi di internet. IP address terdiri dari serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. Sebagian organisasi mendapatkan seelompok IP address  untuk kemudian didistribusikan ke pengguna-pengguna individual. Dalam beberapa kasus, perusahaan akan secara permanen mengalokasikan satu personel IP address untuk setiap satu pengguna. Dari sudut pandang pengguna IP address yang dimiliki akan selalu sama. IP address semacam ini disebut Fixed IP Address. Fixed IP address dibutuhkan oleh pengguna yang omputernya terkoneksi ke internet selama 24 jam setiap hari atau untuk jangka waktu panjang. Ada juga perusahaan yang mengalokasikan IP address secara temporer kepada pengguna. IP addres temporer terutama jika perusahaan memiliki 100 pengguna, tetapi perusahaan hanya memiliki 10 IP address untuk dialokasikan. Dalam kasus ini perusahaan hanya mengalokasikan IP address kepada pengguna yang mengakses internet. Setelah selesai IP address digunakan oleh pengguna lain. IP address seperti ini disebut Dynamic IP Address, sebuah IP address yang diberikan kepada pengguna secara kontemporer hanya saat pengguna menggunakan internet.
Intranet
Internet in-house dikenal dengan nama intranet. Salah satu variasi dari intranet adalah ekstranet. Ekstranet adalah intranet dari dua atau lebih perusahaan dihubungkan menjadi satu. Ekstranet biasanya menghubungkan intranet perusahaan dengan intranet pemasok atau intranet pelanggan perusahaan tersebut.
Masalah keamanan Intranet
Intranet pada dasarnya beresiko sebagai akibat dari kemungkinan informasi perusahaan yang sensitive terekspose kepada semua orang di internet. Alas an inilah yang membuat banyak perusahaan menggunakan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang disebut Firewall yang membatasi akses dari pihak luar. Firewall membatasi akses terhadap informasi yang disimpan di server perusahaan.secara spesifik, dengan firewall, satu-satunya cara yang tersedia bagi pihak luar yang mengakses informasi intranet perusahaan adalah melalui satu titik tertentu yang dijaga oleh firewall.
Pendekatan yang lazim digunakan untuk menyaring paket informasi adalah dengan menyaring IP. Daftar IP address yang diotorisasi merupakan salah satu contoh dari daftar pengendalian akses.
Firewall seharusnya hanya digunakan sebagai pertahanan pertama pada sebuah system pertahanan berlapis. Tipe lain dari perangkat keamanan yang digunakan adalah proxy server. Proxy server biasanya digunakan pada firewall computer dan bertugas sebagai filter atas semua permintaan informasi keluar perusahaan.