Diam-diam Huawei punya lab riset rahasia

Diam-diam Huawei punya lab riset rahasia

Diam-diam Huawei punya lab riset rahasia

Baru saja diterpa masalah penangkapan petinggi mereka Meng Wanzhou, Huawei dikabarkan memiliki laboratorium riset rahasia di markas yang berlokasi di Shenzen, China.

Bloomberg dalam artikel “Inside Huawei’s Secret HQ, China Is Shaping the Future”, para teknisi rahasia mengembangkan kecerdasan buatan (AI), teknologi komputasi awan dan chip “yang sangat penting untuk prioritas nasional China dan masa depan Huawei”.

Lab riset rahasia itu dinamai “White House” atau Gedung Putih, laporan Bloomberg menyatakan lokasi itu jarang dikunjungi orang, tidak seperti ruang pameran untuk memajang contoh penggunaan hasil teknologi yang dikembangkan di ruang rahasia itu.

Kampus Huawei di Shenzen memiliki ruang paemran yang bernama

vertical industries exhibition hall” yang berisi replika bank, toko dan jalan di kota ketika memakai teknologi buatan mereka, dikutip Jumat.

Ruangan tersebut terbuka untuk pengunjung, di sana akan terlihat bagaimana jika perusahaan maupun pemerintahan menggunakan cloud dan AI buatan Huawei untuk mengumpulkan data, mendongkrak penjualan hingga membentuk kehidupan di kota.

Apa yang dibuat Huawei ini juga untuk memenuhi permintaan pemerintah China

yang ingin industri mandiri dan tidak bergantung pada semikonduktor dan perangkat lunak dari Amerika Serikat.

AS-China saat ini sedang terlibat perang dagang.

Huawei selama dua tahun belakangan ini membentuk unit semikonduktor

untuk memperbaiki cloud dan AI, misalnya untuk pengenal gambar dan asisten suara.

HiSilicon, unit desain chip Huawei, telah berdiri sejak 2004. Spesialisasi mereka membuat chip yang dapat dikustomisasi untuk menangani algoritme rumit di perangkat keras.

 

Baca Juga :