DAMPAK GLOBALISASI DI BIDANG POLITIK

DAMPAK GLOBALISASI DI BIDANG POLITIK

DAMPAK GLOBALISASI DI BIDANG POLITIK

Dengan adanya globalisasi

yang terjadi di zaman sekarang ini, maka pemikiran politik di setiap negara menjadi lebih terbuka untuk mendapatkan sistem ketatanegaraan yang lebih baik dari sebelumnya. Serta untuk mensejahterakan di setiap lapisan masyarakat. Dengan adanya sistem tata negara yang lebih baik itu, sejumlah instansi negara pun mulai berubah menjadi lebih baik.

Misalnya saja di Indonesia dahulunya tidak mengenal DPD dan MK, namun sekarang dengan adanya globalisasi maka terdapat 2 instansi tersebut di Negara kita. Semakin lama globalisasi ini muncul maka, kesadaran masyarakat akan pentingnya politik pun semakin terbuka lebar. Selain itu tak heran jika jumlah partai politik pun semakin bertambah dan bermunculan.

Tetapi dengan adanya dampak negatif dari globalisasi di bidang politik, maka munculnya rasa akan hausnya kekuasaan pada setiap orang yang berkecimpung di dalam bidang politik tersebut. Serta munculnya kebiasaan money game, atau politik uang yang tentunya menjadikan kehidupan politik di suatu negara menjadi penuh dengan ketidakjujuran.


Baca Juga :