Cerita Rakyat Putri Junjung Buih

Cerita Rakyat Putri Junjung Buih

Berikut ini adalah cerita rakyat putri junjung buih yang berasal dari Kalimantas Selatan. Alkisah terdapat kerajaan Amuntai di Pulau Kalimantan yang dipimpin oleh dua bersaudara. Keduanya dapat membagi tugas dengan baik sehingga tidak pernah terjadi perselisihan diantara keduanya. Namun keduanya belum dikaruniai anak.

Suatu hari permaisurinya telah mengandung dan melahirkan bayi kembar. Kabar tersebut membuat kakaknya semangat untuk memiliki anak. Saat itu ia menemukan bayi di sebuah sungai dan diberi nama Putri Junjung Buih. Bayi tersebut dapat berbicaar dan meminta selembar kain dan selimut yang ditenun dalam setengah hari.

Akhirnya sang raja membuat sayembara. Bagi mereka yang dapat melakuka akan diangkat menjadi pengasuhnya. Seorang perempuan bernama Ratu Kuripan memenangkan sayembara tersebut. Ia tidak hanya pandai dalam menenun melainkan juga memiliki kekuatan gaib. Lalu ratu tersebut diangkat menjadi pengasuh Putri Junjung Buih.

Cerita rakyat lutung kasarung, cerita rakyat alue naga, cerita rakyat rawa pening, cerita rakyat sangkuriang, cerita rakyat roro jonggrang, cerita rakyat malin kundang, cerita rakyat danau toba, cerita rakyat timus mas, bawang merah bawang putih, batu menangis, keong mas, ande ande lumut, dll.

Baca Juga :