Cegah Khilafah, Menteri Nasir Minta Kampus Data Akun Medsos Mahasiswa

Cegah Khilafah, Menteri Nasir Minta Kampus Data Akun Medsos Mahasiswa

Cegah Khilafah, Menteri Nasir Minta Kampus Data Akun Medsos Mahasiswa

Cegah Khilafah, Menteri Nasir Minta Kampus Data Akun Medsos Mahasiswa

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti), Mohamad Nasir

, meminta setiap kampus untuk mendata akun media sosial ­mahasiswa baru, dosen, hingga pegawai. Pendataan itu untuk mencegah penyebaran radikalisme.

“Saya ingin pendataan dosen, pegawai, juga mahasiswa, siapa yang terpapar radikalisme. Jangan sampai terjadi radikalisme yang marak terjadi sekarang,” ujarnya di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Nasir menegaskan tak akan membatasi kebebasan berpendapat seluruh kalangan kampus. Mereka akan tetap bebas menyampaikan kritik, saran, atau segala bentuk pendapat.

“Media sosial sesuai aturan hukum, tapi dalam kampus saya ingin tangkal radikalisme

. Kalau ikut demo, silakan. Yang enggak boleh itu, ‘Mari kita gerakkan khilafah di Indonesia’. Ini akar radikalisme, ini satu contoh saja,” katanya.

Menurut Nasir, pendataan nomor telepon dan akun media sosial bisa mempermudah pihak universitas atau pihak berwajib untuk melacak ideologi seseorang.

Menristek-Dikti menegaskan tidak ada kepentingan apa pun selain ingin menangkal radikalisme.

“Kami ingin data dulu. Tidak ada kepentingan apa pun. Saya tidak ingin lacak

semua mahasiswa. Kalau ada kegiatan ekstrem di kampus, lihat nomor telepon dan media sosial. Dari media sosial itu yang kita lacak, ‘Oh ternyata dia terkena jaringan Al-Qaeda.’ Ini sebagai pendataan kami,” kata Nasir.

Kemenristek-Dikti akan bekerja sama dengan lembaga lain, seperti Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), untuk menganalisis akun-akun media sosial mahasiswa.

“Kami ingin data dulu, mungkin nanti kerja sama dengan BNPT dan lain-lain. Yang diinginkan, jangan mereka menyebarkan radikalisme, into-leransi di kampus,” ucap Nasir.

 

Sumber :

https://my.sterling.edu/ICS/Academics/LL/LL379__UG08/FA_2008_UNDG-LL379__UG08_-A/Blog_105.jnz?portlet=Blog_105&screen=View+Post&screenType=next&&Id=dc470024-0aec-432c-bf79-108752dbf4b8