Basis Data

Basis Data

Basis Data

Basis Data

Pembuatan basis data sangat tergantung sekali terhadap jenis SIG yang akan dibuat. Apakah basis data yang bersifat umum sehingga dapat di gunakan oleh beberpaa pemakai atau hanya basis data lokal. Bagaimana bentuk / struktur data yang akan dibuat serta bagaimana macam serta jumlah layer-layernya ditentukan dan atribut-atribut yang menyertainya akan sangat tergantung pada besar kecilnya proyek SIG tersebut. Disini kemampuan dari pelaksana atau manusianya sangat menentukan.

Analisa dan Evakuasi

Setelah peta dasar ditentukan dan jenis basis data telah dipilih, maka selanjutnya layer-layer yang terkait di pilih dan digunakan untuk bahan analisa dan evaluasi untuk mendapatkan kesimpulan yang selanjutnya digunakan sebagai acuan untuk pengambilan keputusan.

Aplikasi dan Keluaran

Dengan terbentuknya basis data beserta komponen-komponen analisa yang diambil dari layer-layer yang telah dibentuk, maka aplikasi dan keluaran yang diinginkan dapat disesuaikan dengan konsep basis data pertama dibuat.

Dari semua komponen-komponen yang telah disebutkan diatas , maka masing-masing memerlukan manusia yang memikirkan, menangani, melaksanakannya. Perlu kualifikasi yang baik dan tepat agar pelaksanaan proyek pengembangan SIG tersebut terlaksana dengan baik.

Selanjutnya dibawah ini diuraikan posisi serta SDM apa saja yang diperlukan agar pelaksanaan SIG dapat berjalan dengan baik.

Klasifikasi SDM serta Kwalifikasinya

Dalam melaksanakan program SIG perlu klasifikasi dan kwalifikasi dari manusia sebagai penanggungjawab pemegang komponen-komponen yang disebutkan diatas.

Beberapa fungsi dan keahlian perlu ditentukan terlebih dahulu agar pelaksanaan pengembangan suatu program SIG dapat terselenggara dengan baik. Adapun komponen-komponen tersebut adalah :

· Manajer SIG
· Sistem Adminitrasi SIG
· Manajer Basis Data
· Program Analis
· Pembuat Program :
o Aplikasi Programmer
o Sistem Programmer
· Kartografer

Dari komponen-komponen tersebut di atas, memang dapat disederhanakan sesuai dengan besar / skala dari proyek SIG itu sendiri. Pembagian ini adalah sangat fleksibel tergantung dari kesediaan tenaga yang ada. Kadang-kadang satu orang dapat mengambil alih beberapa komponen dan melaksanakan dengan baik pekerjaan-pekerjaan yang dibebankannya tersebut.

Sumber : https://aziritt.net/galaga-wars-apk/