Arsitektur Protokol TCP IP

Arsitektur Protokol TCP IP

Arsitektur Protokol TCP IP

Arsitektur Protokol TCP IP

Karena seperti telah disinggung sebelumnya, TCP/IP tidak sesuai dengan model OSI, maka protocol – stack dalam TCP/IP biasanya digambarkan dengan layar yang lebih sedikit.

Dalam TCP/IP setiap data yang dilewatkan ke masing – masing layar direduksi atau ditambahkan suatu header kontrol. Setiap layer memperlakukan semua informasi yang ia terima sebagai data dan ia menambahkan header diawal informasi tersebut ketika data ini akan dilewatkan pada layar di awahnya. Penambahan informasi pengiriman ini disebut enkapsulasi (encaptulation). Hal sebaliknya berlaku ketika informasi ini bergerak dari jaringan ke layar teratas.

Gambar I-4

Berikut beberapa hal penting untuk setiap layer dalam model TCP/IP

Network Access Layer

Merupakan layer terbawah dari hirarki protokol TCP/IP

Menyediakan sarana untuk sistem untuk mengirim data ke device lain yang terhubung ke network.

Mendefinisikan bagaimana menggunakan network untuk mentransmisikan datagram.

Dibandingkan dengan model OSI, layer ini mencakup 3 layer terbawah dalam model OSI, yaitu Network, Datalink dan Phisical layer.

Fungsi lain yang ditangani pada level ini termasuk enkapsulasi datagram ke dalam frame yang ditranmisikan oleh jaringan dan konversi IP Address ke dalam alamat yang cocok untuk jaringan fisik dimana datagram ditranmisikan.

Internet Layer

Internet Protocol (IP)

IP Merupakan inti dari TCP/IP dan merupakan protokol terpenting dalam Internet Layer. IP menyediakan pelayanan pengiriman paket elementer dimana jaringan TCP/IP dibangun.

Fungsi Internet Protocol (IP)

Mendefinisikan datagram, yang merupakan unit dari transmisi elementer di internet

Mendefinisikan skema pengalamatan internet

Melewatkan data antara Network Access Layer dan Host to Host Transport Layer

Routing Datagram ke Remote Host

Menjalankan fragmentasi dan penyusunan kembali datagram.

IP merupakan protocol yang connectionless (tidak memerlukan handshake), tidak dilengkapi dengan error detection dan error recovery.

Datagram

Adalah format paket yang didefinisikan oleh IP. Internet sebagaimana asalnya ARPANET merupakan jaringan yang berbasis pada paket switching. Datagram merupakan unit transmisi elementer dalam jaringan TCP/IP. IP mengirimkan IP Address dalam Header Control diawal datagram. Jika address tujuan tidak berada di Jaringan lokal maka paket dilewatkan ke gateway (device yang menswitch paket antara jaringan fisik yang berbeda.). Memutuskan gateway yang mana yang digunakan untuk mencapai address tujuan disebut routing.

Routing datagram

Ilustrasi berikut akan menjelaskan bagaimana proses routing datagram melintasi beberapa jaringan fisik.

Gambar I-5

Sistem hanya bisa mengirim paket pada devaice lain yang terhubung ke dalam satu jaringan pisik yang sama. Paket dari A1 dengan tujuan C1 diforward melalaui gateway G1 dan G2. Host A1 pertama kali mengirim paket ke gateway G1 (karena G1 masih terhubung ke net work A, dimana host A1 berada.) kemudian gateway G1 mengirimkan paket ke gateway G2 melauli net work B. Dan akhirnya G2 yang terhubung ke net work C langsung memforward paket ke address tujuan, host C1.

Sumber : https://sorastudio.id/dominations-asia-apk/