5 Aplikasi Android Ini Bisa Gantikan Tombol Fisik Smartphone yang Rusak

5 Aplikasi Android Ini Bisa Gantikan Tombol Fisik Smartphone yang Rusak

 

5 Aplikasi Android Ini Bisa Gantikan Tombol Fisik Smartphone yang Rusak

5 Aplikasi Android Ini Bisa Gantikan Tombol Fisik Smartphone yang Rusak

Smartphone adalah barang yang bisa dipastikan kita gunakan setiap hari, setiap jam, bahkan setiap menit. Kita mungkin telah menekan tombol fisik smartphone sampai ribuan kali. Karenanya, sangat wajar jika suatu waktu tombol fisik smartphone seperti volum dan home macet dan tidak dapat digunakan.

Jika sudah begitu, biasanya smartphone tidak akan seasik dulu ketika digunakan. Akan ada banyak kendala, ketika salah satu tombol fisik smartphone tidak dapat digunakan. Misal jika tombol “back” rusak, kita akan kesulitan untuk keluar dari aplikasi. Atau jika salah satu tombol volume rusak, kita akan kesulitan untuk untuk mengatur suara smartphone ketika mendengarkan musik ataupun menerima panggilan.

Jalan keluar yang biasa dipilih para pengguna smartphone ketika mendapati tombol fisik smartphone mereka rusak adalah dengan membawanya ke tempat reparasi smartphone. Yang tidak jarang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal, ada cara yang lebih murah. Yaitu dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mampu mengemulasi fungsi tombol fisik.

Sebenarnya, ada banyak aplikasi di Google Play yang mampu menggantikan tombol fisik smartphone kamu. Namun,

disini saya akan mencoba meringkas 5 aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan fungsi tombol smartphone kamu yang rusak.

Simple Control

Salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk bernavigasi layaknya menggunakan tombol fisik. Tersedia tombol-tombol utama seperti “back”, “home” dan “option” yang dapat berfungsi sama seperti tombol fisik smartpone kamu.

Assistive Touch For Android

Salah satu aplikasi yang “terinspirasi” dari fitur Assistive milik iOS. Assistive Touch bukan hanya bisa menggantikan tombol “back”, “home”, dan “option” saja, tapi juga pintasan seperti “flight mode”, “GPS”, dan lain-lain. Btw, jika kamu menggunakan smartphone Xiaomi dengan MIUI 8, kamu bisa menggunakan fitur bawaan “Bola Pintasan” yang pernah saya bahas disini. Tampilan dan cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi yang satu ini.

Softkey Enabler

Aplikasi Softkey Enabler mampu menghadirkan 3 tombol utama dengan tampilan ikon yang sama persis seperti

tombol bawaan. Sangat berguna bagi kamu yang masih menggunakan smartphone dengan tombol navigasi fisik, dan tombol tersebut rusak. Aplikasi Softkey Enabler siap menggantikan tombol navigasi tersebut.

Back Button

Seperti namanya, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menampilkan tombol virtual “back”. Sangat berguna jika tombol “back” fisik kamu rusak atau tidak dapat digunakan lagi. Untuk dapat menggunakan aplikasi Back Button, kamu perlu memberi izin aplikasi ini di opsi aksesibilitas.

Simple Pie

Hampir sama dengan aplikasi Simple Control yang mampu menampilkan tombol navigasi secara virtual. Bedanya,

Simple Pie menampilkan tombol navigasi dengan tampilan yang unik, yaitu berbentuk lingkaran dengan nuansa material design.

Nah, setelah tau ada 5 aplikasi diatas, kamu tidak perlu lagi khawatir jika ada tombol smartphone kamu yang rusak. Kamu bisa menggunakan salah satu dari 5 aplikasi diatas, sesuaikan dengan selera kamu. Jadi, kamu bisa menghemat uang dengan tidak membawa smartphone kamu ke tempat servis. Dan yang paling penting, smartphone kamu tetap bisa digunakan.

Baca Juga: