41 Siswa SMA Kristen Ambon Terima KIP

41 Siswa SMA Kristen Ambon Terima KIP

41 Siswa SMA Kristen Ambon Terima KIP

41 Siswa SMA Kristen Ambon Terima KIP

Sebanyak 41 siswa SMA Kristen Ambon yang mendapat Kartu Indonesia Pintar

(KIP) dari yang diusulkan 290 siswa sedangkan jumlah siswa SMA Kristen Ambon tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 695 orang.

41 siswa yang mendapat KIP rata-rata penghasilan orang tuanya di bawah standar dan mereka mempunyai Kartu Perlindungan Sosial (KPS).”kata Kepala SMA Kristen Ambon Dra. E. Laturiuw, M.Si kepada Tribun-Maluku.com di ruang kerjanya, Jumat (11/11/2016).

Dikatakan, data para siswa yang mendapat KIP diusulkan dari Kementerian Sosial RI

berdasarkan data dari desa dan kecamatan. Setelah KIP diserahkan ke kecamatan maka pihak sekolah menggerakan siswa untuk mengambil KIP tersebut.

Pihak sekolah hanya meng-input nomor pada KIP yang dimiliki siswa nomor kartu tersebut divalidasi di Pusat kemudian dikeluarkan SK, dari SK itu siswa berhak untuk mengambil uangnya di bank BNI setempat.

“Jadi pihak sekolah tidak pernah mengintervensi atau memotong uang dari siswa

yang mendapat bantuan Kartu Indonesia Pintar,”katanya.

Menyangkut biaya-biaya sekolah kata Laturiuw, siswa berkewajiban untuk membayar uang Sumbangan Pembangunan Pendidikan (SPP) untuk Yayasan perbulan Rp.75 ribu dan uang Komite perbulan Rp.75 ribu untuk siswa kelas X dan XI, sedangkan siswa kelas XII Rp.55 ribu perbuan.

Kalau ada permintaan sumbangan sukarela dari siswa harus mendapat persetujuan dari Komite Sekolah, seperti sumbangan bagi guru yang pensiun sebesar Rp.20 ribu persiswa.

Ditambahkan, bagi siswa miskin yang belum terlayani KIP maka pihak sekolah mempunyai program antisipasi yaitu Jumat Sukarela, yang sudah disetujui oleh seluruh orang tua siswa.

“Program Jumat Sukarela ini mengharuskan siswa setiap hari jumat membawa Rp.2000 sebagai bentuk kepedulian sosial membantu siswa yang kurang mampu,”ucapnya.(TM02)

 

Baca Juga :